Iklan

Melalui Lomba Cuci Tangan, Dinkes Mentawai Kampanyekan PHBS Pada Anak Usia Dini.

Senin, 15 Oktober 2018, Oktober 15, 2018 WIB Last Updated 2018-10-15T07:56:58Z

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Mentawai mengkapanyekan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui lomba cuci tangan dengan sabun kepada anak usia dini, pada Senin (15/10) di halaman Kantor Dinkes Mentawai.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pola hidup sehat guna mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan juga dalam rangka memperingati hari Cuci Tangan Sedunia.

"Pesan kesehatan selalu kita suarakan pada setiap momen, misalnya pada kegiatan Posyandu, selain itu melakukan kegiatan lomba cuci tangan dengan sabun kepada anak usia dini, " terangnya kepada sasarainafm.com di Tuapeijat.

Menurutnya, ketika anak-anak seudah atau sebelum makan tanpa cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu, maka akan rentan terkena penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri..

Selain itu ia mengimbau kepada pihak sekolah untuk ikut berperan menyampaikan pesan kesehatan terutama cuci tangan yang baik dan benar, karena menurutnya masih banyak anak-anak ketika makan jajanan tidak mencuci tangan terlebih dahulu. 

"Kita berharap kepada pihak sekolah ikut serta menyampaikan pesan kesehatan, terutama mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, itu sangat penting, tetapi kadang banyak yang menyepelekannya, " ungkapnya.

Ia juga berharap semua stakeholder terkait keamanan jajanan di sekolah, seperti Dinas Koperindag dan UMKM mengecek jajanan di Sekolah, "Berbicara masalah kesehatan tentu melibatkan dukungan instalasi, misalanya jajanan di sekolah, juga harus betul-betul sehat," ujarnya. (Red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Melalui Lomba Cuci Tangan, Dinkes Mentawai Kampanyekan PHBS Pada Anak Usia Dini.

Terkini

iklan2

Iklan