Iklan

Kortanius Sabeleake : Semua Harus Berkontribusi Membangun Kesehatan Di Mentawai

Jumat, 19 Oktober 2018, Oktober 19, 2018 WIB Last Updated 2018-10-19T07:13:30Z

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake mengajak seluruh elemen masyarakat Mentawai untuk bersama mendukung program kesehatan dan menyampaikan pesan kesehatan kepada seluruh masyarakat itu sendiri.

Hal itu ia katakan kepada wartawan usai mencanangkan beberapa gerakan kesehatan diantaranya Mentawai Anti Stunting (Mas) dan Gizi Buruk Peduli Anak (Mas Gibur Dua) dan Tetangga dan Keluarga Peduli Ibu Hamil Resiko Tinggi (Terali Hati) dan Sipusuruket, pada Kamis (18/10) Di Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan..

" Masyarakat harus diberikan pemahaman tentang kesehatan tidak hanya Ibu tetapi bapak bapak juga. Yang memberikan pemahaman bukan hanya tenaga kesehatan saja kalau bisa para tokoh agama saat menyampaikan arahan di rumah ibadah, dikaitkan dengan kesehatan misalnya peduli kebersihan, " paparnya.

Ia mengakui bahwa kondisi kesehatan di Mentawai masih jauh dari apa yang diharapkan, hal tersebut disebabkan oleh faktor lemahnya ekonomi sebagian masyarakat sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi, disamping itu masih banyak masyarakat yang dinilai kurang peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan..

"kadang-kadang disisi makan terpenuhi, tetapi kurang paham melakukan pola makan yang sehat, kemudian dalam satu keluarga ada yang merokok, jadi harus diberikan pemahaman kepada masyarakat kontribusi apa yang paling tinggi menyebabkan Stunting, hal ini harus disampaikan, " paparnya.

Stunting itu sendiri merupakan kondisi di mana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari usianya, hal itu disebabkan oleh faktor pola makan sejak dalam kandungan hingga diketahui saat berusia 2 tahun. Disamping terlambatnya pertumbuhan tinggi badan juga mengakibatkan lambat perkembangan otak anak.

Kegiatan tersebut dihadiri Kadinkes Sumbar Merry Yuliesday, Ketua IDI Sumbar Pom Harry Satria, Kadinkes Mentawai Lahmuddin Siregar, Kadis Kominfo Mentawai Joni Anwar, Camat Sipora Selatan, Kades Matobe dan jajaran staf Dinkes Mentawai serta masyarakat setempat. (Red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kortanius Sabeleake : Semua Harus Berkontribusi Membangun Kesehatan Di Mentawai

Terkini

iklan2

Iklan