Iklan

Tahun Ini Siberut Selatan Akan Jadi Tuan Rumah FPM

Selasa, 28 Agustus 2018, Agustus 28, 2018 WIB Last Updated 2019-06-20T05:41:58Z

SASARAINA.COM- - Tahun 2018, Siberut Selatan akan menjadi tuan rumah dalam acara Festival Pesona Mentawai (FPM) yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispapora) Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Matheus Samalinggai, Kepala Bidang (Kabid) Promosi Disparpora Mentawai mengatakan penyelenggaraan Festival Mentawai 2018 akan dilaksanakan di Kecamatan Siberut Selatan, Kepulauan Mentawai. “Ya kita undur, karena ada beberapa persoalan, seperti yang kita ketahui bahwa bulan September dan Oktober semua sibuk ada lomba Desa Wisata dan Punen Laggai, itu dasarnya kenapa tidak jadi,”. Katnya saat ditanya di ruang kerjanya pada Senin (27/8/2018).

Sesuai kesepakatan bersma, acara Festival Pesona Mentawai akan digelar pada tanggal 1 – 4 November 2018, dimana Siberut Selatan sebagai tuan rumah, untuk lokasinya sendiri seluruh lingkungan pusat Kecamatan akan di gunakan sebagai Festival Pesona Mentawai, seperti Maileppet, Muntei, Puro dan Muara Siberut akan terlibat.

“Adapun aitem – aitem yang akan dilaksanakan pertama, tanggal 1 adalah pembukaan dimana nanti akan dibuka oleh Bupati Mentawai, kalau ada tamu – tamu kita dari Kementerian atau Provinsi lebih baik lagi, untuk acara pembukaan akan ada pawai budaya yang diikuti oleh peserta dengan menggunakan pakaian adat Mentawai, termasuk stand – stand sudah diisi oleh masyarakat yang mau, seperi pameran dan sebagainya”. Lanjut Matheus.

Pesertanya sendiri disebutkan Matheus, dari anak – anak sekolah SD, SMP, SMA, tingkat Remaja dan Umum, kemudian untuk tanggal 2 merup[akan acar puncak seperti perlombaan. Adapun perlombaan – perlombaan yang akan diselenggarakan ayitu, Prosesi tato Mentawai, Kuliner Tradisional Mentawai masak sagu kapurut, Fashion Show Pakaian Adat Mentawai, lomba panah, Lomba selaju sampan, Lomba cipta lagu anak – anak dimana lagunya sesuai dengan usia anak bukan lagu percintaan atau dewasa, serta kegiatan lainnya.

“Itu akan berlangsung tanggal 2 dan 3, jadi utnuk lokasi acaranya tidak terpusat satu titik saja namun seluruhnya, misalnya di Muntei apa yang cocok disana, budaya, mungkin kegiatan budaya yang akan diselenggarakan di Muntei, kalau di Puro akrena ada sungai mungkin selaju sampan, jadi seperti itu tujuan kita. Disisi lain juga untuk meningkat ekonomi masyarakat di Siberut, mau jual apa boleh”. Ujarnya.

Lebih lanjut ia sampaikan, pihaknya memilih kegiatan kebudayaan di Muntei selain karena Desa Wisata, juga suasananya masih alami dan tenang, sehingga tamu VIP akan merasa senang dan sejuk berkunjung di Muntei. (Suntoro)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tahun Ini Siberut Selatan Akan Jadi Tuan Rumah FPM

Terkini

iklan2

Iklan