Iklan

Pemkab Mentawai Launching Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Tahun 2024

Sabtu, 03 Februari 2024, Februari 03, 2024 WIB Last Updated 2024-02-02T18:39:03Z

Pj. Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak berfoto bersama masyarakat Keluarga Penerima Manfaat usai menyerahkan bantuan


SASARAINAFM.COM | BUKIT PAMEWA-
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Perum Bulog dan PT. Pos menyalurkan bantuan pangan cadangan beras tahun 2024 kepada masyarakat Mentawai. 


Cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan itu, akan didistribusikan kepada 10.013 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 10 kecamatan di 43 desa di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. 


Penjabat Bupati Fernando Jongguran Simanjuntak menyampaikan terimakasih kepada Perum Bulog dan PT Pos atas tindak lanjut tugas dari Pemerintah dalam rangka penyaluran beras khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai


“ Bapak ibu sekalian, memang bantuan ini sudah banyak masuk ke Mentawai, saya selaku dan mewakili pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengucapkan terimakasih sebesar besarnya dan berpesan kepada kita masyarakat dengan adanya bantuan ini jangan lupa kita tetap menggarap sawah kita, jangan sampai karena ada bantuan kita termanjakan. Dan ini tetap kita syukuri sebagai satu kesatuan yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan kita.’’ Ujar Fernando saat memberikan sambutannya di Aula Kantor Desa Bukit Pamewa, Jumat( 2/2).


Fernando berharap kepada masyarakat Mentawai khususnya petani agar bisa mandiri dan tetap garap sawah meskipun bantuan selalu datang. Kata dia bahwa Indonesia dan negara lainnya sedang mengalami krisis pangan sehingga Pemerintah sulit mencari sumber cadangan beras sebab produksi di Indonesia tidak mencukupi.


Sementara Pimpinan Perusahaan Umum (Perum) Bulog wilayah Sumatera Barat, Srimuniati mengatakan Penerima Bantuan Pangan (PBP) tahun 2024 seluruh Indonesia adalah 22.004.077 PBP, untuk Sumatera Barat 393.013 PBP, dan di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan diserahkan kepada 10.013 PBP, tahap pertama mulai Januari – Maret 2024 dan tahap kedua mulai dari bulan April – Juni 2024.


" Terima kasih kepada Bupati beserta jajaran yang telah memberikan kesempatan untuk dilakukannya lunching penyaluran bantuan beras tahun 2024, kami berkesempatan untuk berkunjung ke Kepulauan Mentawai kami melaksanakan tugas dari Pemerintah yang diberikan oleh Kepala Bappenas RI melalui surat kepada Perum Bulog untuk menyalurkan cadangan pangan Pemerintah berupa bantuan pangan beras tahun 2024 sebanyak 10.013 KPM," kata Srimuniati.


Srimuniati menyebutkan Pemerintah sudah menyalurkan bantuan pangan tahun 2023 khusus untuk Kepulauan Mentawai sebanyak 9.714 PBP, dengan mengacu PBP perubahan untuk alokasi terakhir atau Desember 2023. Selama tahun 2023 melalui 6 alokasi 2 tahap, total telah menyalurkan bantuan pangan beras ke Kepulauan Mentawai yakni 683. 430 kilogram.


Kemudian Tiarsa Wahyudin  Executive General Manager Kantor Cabang Utama Padang menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Mentawai telah memberikan ruang dan support sehingga pendistribusian bantuan pangan beras yang ke-8 kalinya. 


“kami dari PT Pos Cabang Utama Padang, mengucapkan terimakasih kepada bapak bupati dan Pemkab Mentawai yang telah memberikan support kepada kami, sehingga kami dapat mendistribusikan kali ke-8. Jadi tahun 2023 tahap pertama sebanyak 3 bulan, tahap kedua 3 bulan dan bulan desember 1 bulan dan saat ini insyallah di agendakan bulan januari- juli 2024, artinya kebahagiaan bagi kami mudah-mudahan pendistribusian  ini dapat membantu masyarakat yang ada di kepulauan Mentawai dari ujung barat sampai ujung timur’’ Ujarnya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial P3A, Rosmaida Sagurung mengutarakan dengan bantuan yang diterima oleh masyarakat itu, membantu dan meringankan beban mereka terkait dengan kebutuhan pangan, dan bagaimana masyarakat ini tetap berjuang untuk mendapatkan rezeki lain sehingga bisa mensejahterakan keluarganya.


“ kita berharap tentu dengan bantuan yang dterima oleh masyarakat ini, bisa membantu dan meringankan beban mereka terkait dengan kebutuhan pangan.’’ ’’ Kata Rosmaida.


Sementara Sriyanti (50) sebagai keluarga Penerima Manfaat (KPM) sangat berterimakasih kepada Pemkab Mentawai, Bapanas dan Perum Bulog .


“ terimakasih kepada semuanya Pemkab Mentawai, Bapanas dan Perum Bulog, kami masyarakat Mentawai sangat berterimakasih atas bantuan yang sangat membantu kami, mudah mudahan bantuan ini bermanfaat dan kami menerima bantuan dari bulan januari-maret 2024, apalagi sekarang menghadapi bulan puasa dan harga beras selalu naik, sekali lagi terimakasih terkhusus kepada bapak Bupati Mentawai telah menyerahkan bantuan ini.’’ Ungkap Sriyanti.


Acara launching penyerahan bantuan cadangan pangan beras Pemerintah tahun 2024 di fasilitasi oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Kepulauan Mentawai, serta di hadiri oleh Kepala Bappeda Mentawai, Sahat Pardamaian, Camat sipora Utara, Marsen, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Hatisama Hura, Kepala Desa Bukit Pamewa, Ucok Putra dan Kepala Desa Sipora Jaya, Lutfianto serta masyarakat Bukit Pamewa. {Md}.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Launching Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Tahun 2024

Terkini

iklan2

Iklan