Iklan

Galakkan Ketahanan Pangan, Pemerintah Ajak Warga Aktifkan Lahan Kosong

Selasa, 25 Oktober 2022, Oktober 25, 2022 WIB Last Updated 2022-10-25T14:00:19Z

Penanaman Bibit Cabe di Lahan KAUM Bersama PJ Bupati Mentawai, Dandim, Polres, dan Dinas Pertanian

Sasarainafm.com I Tuapejat
– Pemerintah provinsi dan daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, menyalurkan bantuan bibit cabe untuk penanaman seluas dua hektar di lahan perkebunan panti asuhan KAUM di Desa Sidomakmur, Kecamatan Sipora Utara, Senin (24/10/2022).


PJ. Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan mengimbau warga agar memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanam tanaman cepat panen dan berkelanjutan.


Tujuannya, untuk mengantisipasi krisis pangan dan gejolak inflasi serta menggalakkan ketahanan pangan.


"Di Indonesia, inflasi tertinggi ada di Provinsi Sumbar yaitu 8,4 % sehingga berpengaruh terhadap tingginya harga bahan pokok. Kita mengajak masyarakat di desa dan Kecamatan agar mengolah pekarangan maupun lahan kosong untuk gerakan penanaman cabe, sehingga kebutuhan warga dapat terpenuhi,"ujar Martinus Dahlan.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Hatisama Hura mengatakan penanaman cabe juga sudah dilakukan di Muara Siberut, Sikabaluan, dan Peipei.


" Bantuan dari provinsi ada 32 ribu batang dan 3 ribu batang bibit cabe dari Dinas ketahanan pangan dan pertanian Mentawai. Hingga akhir tahun ini, targetnya 40 ribu batang batang bibit cabe didistribusikan. Bantuan lainnya berupa pupuk dolomite 1 ton, npk 1 ton yang akan dibagikan kepada masyarakat,"tutur Hura.


Selanjutnya, untuk pengolahan cabe akan diberikan pembinaan pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, dan pemupukannya.


Harapannya, generasi muda dari panti asuhan KAUM terlatih berkebun dan ke depan bisa mengolah lahan secara mandiri.

 

"Kita juga sudah membibitkan sekira 5 ribu batang bibit cabe di BBU. 3 minggu ke depan masyarakat dapat mengambilnya dan masing-masing KK 20 batang,"ujarnya.


Sementara itu, pengurus Panti Asuhan KAUM, Jefri S. Kayai mengucapkan terimakasih atas bantuan tersebut. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Galakkan Ketahanan Pangan, Pemerintah Ajak Warga Aktifkan Lahan Kosong

Terkini

iklan2

Iklan