Iklan

Tahun 2022, DKPP Mentawai Berikan Bantuan Ternak Sapi dan Babi Kepada Masyarakat

Kamis, 31 Maret 2022, Maret 31, 2022 WIB Last Updated 2022-03-31T01:04:00Z

Sakeus Simaoju, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT  - Tahun 2022, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali melakukan pengadaan sapi sebanyak 69 ekor untuk 8 kelompok tani di lima Kecamatan diantaranya, Kecamatan Sikakap, Pagai Utara, Sipora Selatan, Siberut Utara, dan Siberut Selatan.


"Pengadaannya jenis sapi Bali dengan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebanyak Rp, 996 juta,"tutur Sakeus Simaoju, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.


Saat ini, katanya, sedang dalam tahap tender dan targetnya bulan empat sudah terkontrak. Harapannya, bulan Juni sudah terealisasi.


Adapun syarat  penerima bantuan diantaranya ada lahan, kelompok tani bersedia menerima hibah, dan bertanggung jawab.


Selain pengadaan sapi, juga dilakukan pengadaan ternak babi di Pagai Selatan dengan anggaran Rp, 30 juta dan Desa Taikako Kecamatan Sikakap Rp, 75 juta plus kandang.


Sakeus menyebutkan, untuk pengadaan ternak babi kendalanya sumber bibit khususnya di Sipora dan Sikakap sudah habis karena serangan virus African Swine Fever (ASF) / demam babi Afrika beberapa tahun lalu.


 "Kita usahakan pengadaan babi lokal yang sudah dikawin silangkan. Kita tidak tentukan berapa ekor karena jika tidak mencukupi babi ukuran bibit, kita beli indukannya. Tahun 2023 kita akan coba programkan kembali pengadaan babi agar ada peternak  yang bisa mensupply sumber bibit babi,"pungkasnya. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tahun 2022, DKPP Mentawai Berikan Bantuan Ternak Sapi dan Babi Kepada Masyarakat

Terkini

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan