bannerwebsasarainaedit

Iklan

SUKSES LAUNCHING INDONESIAPERSADA.ID AWARD II TAHUN 2021. SIMAK KEMBALI YUK REKAMANNYA

Senin, 30 Agustus 2021, Agustus 30, 2021 WIB Last Updated 2021-08-30T09:44:42Z


Ganjar Pranowo Nyatakan Siap Pimpin INDONESIAPERSADA.ID Untuk Menyiarkan Baik

SASARAINAFM.COM  Tembilahan Inhil Riau - Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia sukses Launching INDONESIAPERSADA.ID AWARD II TAHUN 2021, Sabtu (28/8) secara virtual dari LPPL Radio Gemilang FM Indragiri Hilir Riau. 



Dipandu pembawa acara Zayn Arifah, agenda yang diikuti hampir 300 participants dari seluruh Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) dari seluruh Indonesia tersebut menghadirkan Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong sebagai Keynote Speaker. 



Wartawan senior yang baru beberapa pekan menempati jabatan Dirjen tersebut sekaligus membuka acara pembekalan dan menyampaikan kata – kata Launching. Sebelumnya, Usman terlebih dahulu membahas tentang Komitmen Kementerian Kominfo Gandeng Pemda Tangkal Hoax dan Post Truth. 



“Tantangan komunikasi publik yang saat ini kita laksanakan adalah bagaimana Kementerian Kominfo harus dapat melakukan orkestrasi dan harmonisasi komunikasi publik guna mencegah hoaks dan mal – informasi atau mis – informasi bersama – sama Pemerintah Daerah,” urai Usman.



Sementara itu untuk acara pembekalan anggota diisi oleh dua Ketua UmumINDONESIAPERSADA.ID Saifullah Yusuf dan Ganjar Pranowo. Gus Ipul sapaan Saifullah Yusuf adalah Ketua Umum Transisi hasil Konferensi Nasional LPPL Indonesia di Surabaya pada 7 Pebruari 2019 yang dikukuhkan Menteri Kominfo Rudiantara pada 28 Agustus 2019. Dan Mas Ganjar sapaan Ganjar Pranowo adalah Ketua Umum Pengganti Antar Waktu hasil Musyawarah Kerja Nasional Luar Biasa (Mukernaslub) pada 7 Juli 2021.



Dalam pengarahannya dari Kota Pasuruan Jawa Timur secara daring Gus Ipul mengatakan, pemberian penghargaan Anugerah INDONESIAPERSADA.ID AWARD diharapkan dapat menjadi tolok ukur kualitas LPPL. Terutama dalam menyajikan konten – konten siaran untuk konsumsi publik, termasuk siaran serentak yang sudah terselenggara rutin seperti Program Berita Indonesia Live (BILive).

“Kalau program siaran serentak relatif sudah terlaksana seperti reportase berita dan talkshow. Begitu juga untuk program peningkatan sumber daya manusia. Tetapi untuk kelembagaan, belum sepenuhnya terlaksana antara lain masih ada LPPL yang belum memiliki Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) dan Izin Siaran Radio (ISR). Penyebabnya karena berbagai faktor meliputi tidak ada kanal atau belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang LPPL,” terang Gus Ipul.


Problem kelembagaan tersebut diharapkan bisa diselesaikan oleh Mas Ganjar. Dan orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah tersebut menyatakan siap menerima estafet memimpin INDONESIAPERSADA.ID melanjutkan tugas – tugas sebagai Ketua Umum. 


“Ayo Gus diserahkan ke saya, sampean lempar Gus, saya tangkapnya,” kata Mas Ganjar secara daring dari Semarang dengan gayanya yang kocak.



Maka jadilah kesempatan memberikan pembekalan kepada anggota itu sebagai moment penyerahan jabatan Ketua Umum secara virtual, sebuah momen yang langka. Gus Ipul seolah – olah melemparkan sesuatu melalui kamera zoom dan ditangkap oleh Mas Ganjar. Sebuah moment yang diluar kebiasaan atau menjadi sesuatu yang out of box. 


“Tapi nanti tetap kita agendakan serah terima secara fisik kita ketemu di Pasuruan nggih,” tukas Gus Ipul setelah acara dadakan penyerahan amanah sebagai Ketua Umum kepada Mas Ganjar.


Dalam kesempatan tersebut Ganjar Pranowo juga mendorong agar para pengelola LPPL berpikir dan bertindak kreatif. Radio harus bisa menyesuaikan dan mengikuti perkembangan teknologi bahwa radio tidak lagi hanya didengar, tapi juga dilihat. Termasuk harus dapat memanfaatkan peluang media sosial agar radio mendapatkan banyak follower. 


Sementara itu, INDONESIAPERSADA.ID AWARD sebagai ajang pemberian penghargaan tertinggi untuk LPPL Indonesia, direncanakan akan berlangsung di Tangerang pada 28 Oktober 2021 mendatang. Akan melombakan 6 (enam) Kategori. Kategorisasinya dijelaskan oleh Wakil Sekjen 1 INDONESIAPERSADA.ID Rita Zoelkarnaen meliputi Reportase Terbaik, Presenter Terbaik, Radio Host Terbaik, ILM Terbaik, Talkshow Terbaik, dan LPPL Terbaik.


Untuk tiga kategori pertama sama dengan tahun lalu hanya bisa diikuti oleh peserta Program Berita Indonesia Live. Sedangkan untuk ILM Terbaik dan Talkshow Terbaik dapat diikuti oleh seluruh LPPL Anggota INDONESIAPERSADA.ID dan untuk Kategori LPPL Terbaik khusus bagi anggota yang telah memiliki IPP dan ISR.


Acara Pembekalan Anggota dan Launching INDONESIAPERSADA.ID AWARD II TAHUN 2021 tersebut juga diisi dengan Webinar Menjadi Orang Radio Milenial. Dipandu dua moderator masing – masing Febie Alfina dari LPPL Radio Gema Randik FM Musi Banyuasin Sumatera Selatan dan Roni Latar dari LPPL Radio Suara Banjar FM Kalimantan Selatan.


Menghadirkan dua narasumber yaitu Expert Jurnalis Radio dan TV Senior News Produser Ervan Wahzudin mengupas tentang Visualisasi Penyiaran dan Reportase Radio. Serta Expert Talkshow Radio dan TV Wakil Pimred iNews Latief Siregar yang menyampaikan materi tentang Talkshow Radio on Cam.* 


Simak kembali " LAUNCHING INDONESIAPERSADA.ID AWARD II TAHUN 2021 " Klik player dibawah ini :


Baca juga Liputan beberapa media online tentang kegiatan ini :


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SUKSES LAUNCHING INDONESIAPERSADA.ID AWARD II TAHUN 2021. SIMAK KEMBALI YUK REKAMANNYA

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan