bannerwebsasarainaedit

Iklan

Program TMMD ke 110 Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Resmi Ditutup

Sabtu, 03 April 2021, April 03, 2021 WIB Last Updated 2021-04-03T09:15:08Z

Kolonel Kavaleri Husnizon memukul gong sebagai tanda penutupan TMMD ke 10 th. 2021 di Mentawai

SASARAINAFM.COM│TUAPEJAT 
- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 tahun 2021 resmi ditutup oleh Kolonel Kavaleri Husnizon, Kepala Seksi Teritorial Kepala Staf Korem (KasiterKasrem) 032/Wirabraja di aula Sekretariat daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, rabu (31/3/2021).


Penutupan digelar secara sederhana demi mencegah penyebaran pandemi Covid-19.


Ia menyatakan bahwa TNI siap mendukung program pembangunan selanjutnya dalam bentuk TMMD maupun karya bakti.


"Satuan Petugas (Satgas) TMMD tetap pelihara kebersamaan dan gotong royong yang sudah terbina dengan baik, pelihara hasil program TMMD, evaluasi hasil pelaksanaan TMMD, dan cek alat kelengkapan," ujar Kolonel Kavaleri Husnizon, Kepala Seksi Teritorial Kepala Staf Korem (KasiterKasrem) 032/Wirabraja, rabu (31/3/2021).


Selanjutnya Ia mengucapkan trimakasih atas dukungan semua pihak dan memohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan selama program TMMD ke 110 berjalan.


Saat bersamaan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet juga menyampaikan trimakasih banyak atas segala dukungan, kinerja, dan bantuan percepatan pembangunan yang sudah maksimal selama TMMD berlangsung dari seluruh pihak.


"Demi mengentaskan status 3T, Mentawai masih harus membuka akses transportasi dan komunikasi secara luas dan diikuti pembangunan Paradigma dan wawasan masyarakat," kata Yudas.


Menurut Yudas, Peran ganda program TMMD merupakan wujud sinergitas antara Pemerintah dan TNI/Polri.


Untuk pelaksanaan TMMD ke depan, Ia berharap distribusi material bisa dilakukan lebih awal lagi sehingga program pembangunan dapat terlaksana tepat waktu.


Adapun sasaran fisik yang tercapai dalam program TMMD tahun 2021 diantaranya, pembukaan jalan sepanjang 5 kilometer plus 1 Kilometer (over prestasi), lebar 10 meter, parit kiri dan kanan lebar 1 meter, rehab RTLH 5 unit, rehab mesjid 2 unit,  rehab gereja 2 unit, dan 3 unit jembatan.


Kemudian, capaian target pembangunan non fisik diantaranya, penyuluhan wawasan kebangsaan, belanegara, sosialisasi bahaya teroris dan narkoba, penyuluhan pertanian dan peternakan, hukum, sosialisasi penanggulangan bencana, penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19, ibu hamil, hidup bersih dan sehat, KB, kesehatan lingkungan, stunting, posyandu, penyakit tidak menular, dan kerukunan antar umat beragama.


Dansatgas TMMD ke 110 tahun 2021, Dandim 0319 Mentawai, Letkol Czi Bagus Mardyanto menyebutkan bantuan anggaran berasal dari APBD Kepulauan Mentawai, Kementrian agama Provinsi Sumatera Barat, Baznas Provinsi Sumatera Barat, Kru TMMD Kodim 0319.


Selain itu, bantuan semen, bibit pohon, dan beras dari PT. Semen Padang, Bank Nagari Cabang utama, Dinas PSDA Provinsi Sumbar, Dinas Pendidikan Sumbar, Badan Keuangan Daerah Sumbar, Dinkes Sumbar, PUPR Sumbar, Dinas pangan Sumbar, Bulog Sumbar, Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa Sumbar meliputi mesin genset, mesin potong rumput, mukenah, alquran, sajadah, kaos, bola kaki, bola volley, bola takraw, dan sepatu bot.


"Pelaksanaan TMMD berhasil secara optimal. Bahkan pembukaan badan jalan di Desa Bukit Pamewa yang targetnya hanya 5 Kilometer tercapai 6 kilometer. Trimakasih atas kinerja dan support seluruh pihak, mohon maaf atas kekurangan selama program TMMD berlangsung,"tukasnya.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program TMMD ke 110 Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Resmi Ditutup

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan