bannerwebsasarainaedit

Iklan

Pemkab Mentawai Gelar Rapat Tindak Lanjut Penanganan Covid-19

Jumat, 16 April 2021, April 16, 2021 WIB Last Updated 2021-04-17T10:34:47Z

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat memimpin rapat

SASARAINAFM.COM │TUAPEJAT -
Dalam rangka menindaklanjuti rapat koordinasi bersama Gubernur Sumatera Barat beberapa waktu lalu, Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar rapat terkait pengendalian Covid-19 yang berpedoman pada Perda Sumbar No.6 tahun 2020.


Hal tersebut mengingat momen keagamaan yaitu ibadah puasa, sholat taraweh, dan aktivitas keagamaan lain menjelang  hari raya idul fitri. 


"Berdasarkan data ahli epidemiologi, biasanya tingkat terpapar covid-19 naik pada momen jelang hari raya. Jadi perlu kita antisipasi dan tindaklanjuti," kata Yudas Sabaggalet Bupati Kepulauan Mentawai di aula Sekretariat daerah Mentawai.


Selanjutnya, Yudas menekankan bahwa siapapun yang sudah divaksin tetap menjalani pemeriksaan swab atau RT- PCR, atau antigen, maupun genose ke depannya bagi yang bepergian ke luar Mentawai atau ada indikasi terpapar Covid-19.


"Orang yang sudah divaksin, mungkin sudah terlindungi dirinya. Tetapi bisa saja menjadi carrier atau pembawa virus bagi orang lain. Jadi, meskipun sudah divaksin tetap harus dipastikan tidak ada virus pada dirinya sehingga tidak berbahaya bagi lingkungannya yang belum divaksin atau rentan," tutur Yudas.


Kemudian, Ia mengatakan bahwa pada setiap desa diminta untuk menganggarkan 8% dari dana APBDes untuk penanganan Covid-19.


Ia juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat agar berkomitmen memberantas covid-19.


"Bagi seluruh ASN dan tenaga honorer kita akan pastikan semuanya sudah divaksin dalam waktu dekat ini. Bagi yang tidak ingin divaksin kita akan beri sanksi,"tukasnya.


Sementara itu, Lahmuddin Siregar Kepala Dinas Kesehatan Mentawai menyebutkan bahwa ada sebanyak  13.880 dosis vaksin yang sudah didatangkan empat kali di Mentawai. Saat ini sisa vaksin sekira 7.662 dosis dan sudah disebar di semua puskesmas.


"Kita menargetkan vaksinasi bagi petugas publik dan lansia akan selesai minggu depan. Harapannya, seluruh stakeholder terkait menggerakkan mobilisasi ke titik vaksinasi hingga di pelosok daerah Mentawai,"ujar Lahmuddin.


Ke depan, rencananya, Pemerintah daerah akan mengadakan alat pemeriksaan genose yang hasil pemeriksaannya real time atau langsung di tempat.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Gelar Rapat Tindak Lanjut Penanganan Covid-19

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan