Iklan

Dinas Kominfo Provinsi Sumbar Minta PPID Kabupaten Kepulauan Mentawai Bergerak

Kamis, 21 Januari 2021, Januari 21, 2021 WIB Last Updated 2021-01-21T11:07:02Z

Pertemuan Kominfo Sumbar bersama Dinas Kominfo Mentawai di Tuapejat

SASARAINAFM.COM│TUAPEJAT  -
Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat, Indra Sukma, meminta kepada Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai agar segera membentuk dan menggerakkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang selama ini dinilai belum jalan secara maksimal.

"Saat ini kan belum jalan, kalau bisa mulai bergerak bersama OPD lainnya terkait keterbukaan informasi," tutur Indra Sukma saat menggelar pertemuan di ruangan Sekretaris Dinas Kominfo Mentawai, Rabu (21/1/2021).


Lebih lanjut ia mengatakan terkait data dan persepsi dokumen terbuka dan tertutup dari pimpinan perlu diselaraskan terlebih dahulu.


"Biasanya, tiap tahun kita mengirim surat ke setiap OPD yang isinya mereka menyiapkan dokumen terkait informasi publik. Kita minta kepada OPD," papar Indra.


Dengan bergeraknya fungsi PPID ia menuturkan bahwa saat ini sudah zamannya keterbukaaan informasi, tidak ada lagi yang ditutup-tutupi kegiatan Pemerintah sehingga masyarakat bisa melihat dan mengawasi sebagai fungsi kontrol sosial juga.


Selanjutnya, ia mengingatkan agar keterbukaan informasi publik ini harus terintegrasi dengan Dinas Provinsi Sumbar.


Menanggapi hal tersebut, Marcolinus Salamanang Kepala Bidang Komunikasi Dinas Kominfo Mentawai menyambut baik maksud dan tujuan tersebut. 


"Kita senang dan bangga karena ada penawaran kerjasama Dinas kominfo Provinsi terkait aplikasi PPID dan beberapa aplikasi lainnya untuk mendukung kegiatan di Dinas Kominfo Mentawai,"tutur Marco.


Ke depan, katanya, Dinas Kominfo Provinsi akan membantu mengarahkan kegiatannya ke Mentawai agar Pemerintah atau OPD di Mentawai mengerti fungsi PPID.


"Kita siap membuat aplikasi dan tentunya untuk menggerakkan PPID perlu dukungan anggaran juga. Kita akan berkoordinasi dengan OPD lainnya," pungkasnya.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Kominfo Provinsi Sumbar Minta PPID Kabupaten Kepulauan Mentawai Bergerak

Terkini

iklan2

Iklan