Iklan

“Solidaritas Global”, Tema Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2020

Selasa, 01 Desember 2020, Desember 01, 2020 WIB Last Updated 2020-11-30T20:24:57Z

Ilustrasi: Hari Aids Sedunia, 1 Desember. ( foto : internet )

SASARAINAFM.COM I JAKARTA
 – Hari AIDS Sedunia diperingati setiap 1 Desember. Peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang virus HIV/AIDS.

AIDS merupakan singkatan acquired immune deficiency syndrome. AIDS merupakan tahapan akhir dari penyakit infeksi human immunodeficiency virus (HIV). AIDS adalah sindrom atau kumpulan dari gejala yang muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah.

Hari AIDS Sedunia pertama kali digagas Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua petugas informasi publik Program Global AIDS Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss. Direktur Program Global tentang AIDS (sekarang UNAIDS), Dr. Jonathan Mann menyambut baik gagasan ini. Hari AIDS Sedunia pertama kali diperingati 1 Desember 1988.

WHO menyatakan, HIV tetap menjadi masalah kesehatan global yang utama, meskipun dunia telah membuat kemajuan yang signifikan sejak akhir 1990-an. Dalam selama pandemi Covid-19, layanan pencegahan, pengujian, pengobatan dan perawatan HIV terganggu, terutama di negara-negara dengan sistem kesehatan yang rapuh.

Hancurnya layanan penting HIV karena Covid-19 mengancam nyawa. Setiap perlambatan dalam penyediaan layanan ini membuat banyak populasi rentan pada risiko yang lebih besar terhadap infeksi HIV dan kematian terkait AIDS.

Pada 1 Desember 2020, WHO bergabung dengan mitra untuk memberikan penghormatan kepada semua orang yang telah bekerja untuk menyediakan layanan HIV. WHO menyerukan kepada para pemimpin global dan warga untuk menggalang “Solidaritas Global” demi mempertahankan layanan penting HIV selama COVID 19 dan seterusnya.

“Solidaritas Global” juga menjadi tema pada peringatan Hari HIV AIDS Sedunia 2020. Ini adalah seruan untuk fokus pada kelompok rentan yang sudah berisiko dan memperluas cakupan ke anak-anak dan remaja. Ini juga merupakan seruan untuk lebih banyak perlindungan dan dukungan bagi para petugas kesehatan yang telah lama berada di garis depan dalam pemberian layanan HIV. Masyarakat dapat berkontribusi pada upaya penanggulangan AIDS dan menjadikan dunia tempat yang lebih sehat. (dio)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • “Solidaritas Global”, Tema Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2020

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan