Iklan

Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai Beri Rekomendasi Tata Ruang Rencana Seaport – Air Strip

Rabu, 16 Desember 2020, Desember 16, 2020 WIB Last Updated 2020-12-16T02:50:22Z

Ilustrasi


SASARAINAFM.COM │TUAPEJAT -
Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai telah menerbitkan Advice Planning atau  Rekomendasi Tata Ruang untuk Rencana Seaport–Airstrip oleh PT. Sama Sama Seaplane pada Selasa (8/12/2020) lalu.

Naslindo Sirait Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mentawai

Naslindo Sirait Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mentawai menuturkan bahwa rencana Seaport yang berlokasi di Teluk Katurei Kecamatan Siberut Barat Daya dan Silabu Kecamatan Pagai Utara ini telah sesuai peruntukkannya dalam RTRW Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Dengan adanya Seaport ini, kata Naslindo, sangat mendukung pengembangan pariwisata Mentawai dengan tersedianya alternatif akses transportasi yang cepat dan dekat dengan kawasan wisata yang menjadi tujuan utama dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Mentawai.


Selain itu, imbuhnya, Seaport ini juga dapat dimanfaatkan untuk pelayanan kemanusiaan seperti evakuasi medis dan layanan darurat apapun.


"Jadi selain untuk mempermudah akses transportasi para wisatawan mancanegara khususnya, Seaport ini juga dapat membantu tim medis dalam pelayanan emergency," kata Naslindo.



Lebih lanjut, berdasarkan proposal yang telah disampaikan oleh PT. Sama Sama Seaplane, pesawat yang digunakan adalah jenis pesawat Caravan Amphibian Cessna yang dapat mendarat di air dan tanah, dengan kapasitas maksimal 12 penumpang. Pesawat jenis ini dapat berlabuh di dermaga apung dengan dampak lingkungan yang minimal.


"Memang untuk tahap pertama ini Seaport akan beroperasi di 2 lokasi tersebut, namun untuk tahap berikutnya PT. Sama Sama Seaplane merencanakan akan beroperasi di Tuapejat,"imbuh Naslindo.


Dengan diterbitkannya rekomendasi tata ruang ini, Naslindo Sirait menekankan bahwa Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai memberikan dukungan untuk rencana Seaport ini agar dapat segera beroperasi terutama untuk mendukung pengembangan pariwisata kelas dunia di Bumi Sikerei. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai Beri Rekomendasi Tata Ruang Rencana Seaport – Air Strip

Terkini

iklan2

Iklan