Iklan

Kembangkan Wisata Bahari, Disparpora Mentawai Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

Selasa, 17 November 2020, November 17, 2020 WIB Last Updated 2020-11-17T06:38:26Z

Pelatihan pemandu wisata selam di Peipei Kecamatan Siberut Barat Daya 

SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT -
Dalam rangka pengembangan objek wisata bahari berupa selam (diving), Dinas pariwisata, pemuda, dan olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar pelatihan pemandu wisata selam di Peipei Kecamatan Siberut Barat Daya beberapa waktu lalu.


Pelatihan selam diikuti oleh 40 peserta dengan didampingi instruktur dari Kota Padang. Peserta pelatihan diantaranya pemuda di Siberut Barat Daya dan sebagian lagi dari Desa Tuapejat.


"Karena sudah mengenal alam di daerahnya, kita bekali warga setempat agar ke depan bisa menjadi pemandu wisata selam yang berpotensi sebagai salah satu objek wisata bahari selain surfing,"ujar Ruben, Kepala Bidang Pengembangan  Kelembagaan dan Destinasi wisata Disparpora Mentawai beberapa waktu lalu.


Ruben menuturkan bahwa untuk menjadi pemandu wisata selam profesional, puluhan peserta harus melalui beberapa tahapan sertifikasi lagi setelah A1. Oleh sebab itu perlu pelatihan selam secara bertahap hingga lulus sertifikasi tahap akhir.


"Kita mensupport para peserta pelatihan selam membentuk satu komunitas secara bertahap. Hal ini untuk memberdayakan warga sebagai pelaku wisata yang memberi pengaruh pada kehidupan ekonominya,"imbuhnya.


Selain itu, kata Ruben, Disparpora Mentawai juga menggelar pelatihan tata kelola homestay di Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan dengan tujuan munculnya penginapan berbasis masyarakat.


Kemudian, pelatihan sejarah wisata budaya pada para tourist guide untuk membekali skill dan wawasan mereka terkait nilai unik di setiap kawasan objek wisata.


Seluruh pelatihan diselenggarakan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kembangkan Wisata Bahari, Disparpora Mentawai Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

Terkini

Topik Populer

Iklan