Iklan

DKPP Memtawai Berikan Bantuan 14 Ekor Sapi Kepada Desa Sigapokna

Senin, 30 November 2020, November 30, 2020 WIB Last Updated 2020-11-30T02:52:58Z

DKPP  Mentawai melakukan serah terima sapi untuk kelompok Nuntut Baga 

SASARAINAFM.COM │ SIBERUT -
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan serah terima sapi untuk kelompok Nuntut Baga Desa Sigapokna Kecamatan Siberut Barat di Dusun Pokai Desa Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara.

Zakirman, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai mengatakan alasan penyerahan sapi dilaksanakan di Dusun Pokai dikarenakan faktor cuaca yang kurang bersahabat untuk ditempuh melalui jalur laut, sementara jalur darat juga tidak memungkinkan.

"Kelompok meminta agar penyerahan bantuan tetap dilaksanakan dan kelompok siap membawa sapi dari Pokai ke lokasi sebaran setelah cuaca bersahabat dan bertanggungjawab menjaga serta merawat sesuai komitmen yang telah ditandatangani.  Mudah-mudahan perkembangan sapi sesuai yang diharapkan," ujar Zakirman beberapa waktu lalu.

Pada saat bersamaan, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Mentawai Sakeus Simaoju menyampaikan kepada kelompok peternak bahwa tim Medik dan Paramedik siap membantu saat diperlukan dan dapat memberikan informasi melalui penyuluh pertanian lapangan (PPL) atau dokter hewan dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ketika ada masalah terkait penanganan ternak.

Camat Siberut Barat, Job Sirirui  menyampaikan terimakasih atas bantuan sapi tersebut dan mengingatkan agar pemeliharaan sapi dilaksanakan sesuai anjuran Dinas dengan cara memagar lokasi penggembalaan 5 hektar, sehingga sapi tidak menjadi hama atau mengganggu.

"Kita juga berharap Kepala desa turut mengawasi perkembangan bantuan sapi dan semoga menjadi contoh peternakan sapi di Siberut barat," kata Job.

Pada tempat yang sama, Kasat Binmas Polres Kepulauan Mentawai, Iptu Mulyadi menyampaikan agar kelompok penerima bantuan mengikuti seluruh aturan yang sudah ditetapkan dan tidak menjual sapi bantuan utama dan atau mengakali sapi dijual apalagi dipotong. Ia menambahkan bahwa pihak keamanan bersama Satgas Ketahanan pangan akan mengawal keberhasilan pengembang-biakan sapi ini.


Adapun bantuan yang diserahkan diantaranya, dua ekor sapi jantan, 12 ekor sapi betina, bahan kandang semen 20 sak, seng 3 kodi, paku 6 kilogram ditambah 3 kotak, pasir 4 kubik, seng plat 4 lembar, dan kayu 1 kubik. Kudian, bahan pagar, kawat 30 gulung, paku 7 kilogram, tonggak 947 buah, dan konsentrat 100 kilogram.

Kegiatan serah terima disaksikan Job Sirirui Camat Siberut Barat, Kepala desa Sigapokna Salmiati, Kasat Binmas Polres Mentawai Iptu Mulyadi, dan Danramil 01 Sikabaluan Kapten Herynuddin. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DKPP Memtawai Berikan Bantuan 14 Ekor Sapi Kepada Desa Sigapokna

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan