Selasa, 23 Juli 2019

Wagub Sumbar Nasrul Abit pada acara Jambore PRB Ke VI -2019 di Mentawai

SASARAINAFM.COM │TUAPEIJAT- Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta kepada para kepala pelaksana (kalaksa) BPBD  di kabupaten/kota se Sumatera Barat lebih responsif, bertindak cepat dan segera melapor ke pemerintah provinsi, jika daerahnya terjadi gempa besar.

"Saya juga meminta kepada kepala kalaksa, jika ada informasi gempa yang besar, bikin laporan segera lapor ke kami, dan atur untuk ke lapangan, laporkan apa yang perlu dibantu, jangan tunggu lama-lama, supaya kita bisa berikan apa yang diperlukan, " Kata Nasrul Abit pada sambutan pembukaan dan evaluasi Jambore Pengurangan Risiko Bencana (PRB) ke 6 di Pantai Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa (23/7)..

Meski demikian, ucap Nasrul jika bencana yang terjadi di setiap daerah yang berskala kecil dan bisa ditanggulangi oleh daerah atau anggaran daerah tidak perlu melapor ke atas dan tidak mesti menunggu lama-lama. "Jika bencana yang terjadi masih skala kecil, ya tidak perlulah melapor, kalau masih bisa diatasi oleh daerah tidak apa-apa, jangan pula menunggu," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bencana gempa atau Tsunami kategori besar yakni berdurasi 20 sampai 30 detik, sebab durasi demikian memicu terjadinya potensi Tsunami setelah gempa. "Gempa itu kuat dan berpotensi Tsunami jika berdurasi 20 sampai 30 detik, itu warga sudah melakukan evakuasi," kata Nasrul Abit..

Ia juga mengatakan dalam kegiatan Jambore PRB ini bisa berjalan dengan baik, serta dukungan dari berbagai pihak, terutama kepada Bupati Kepulauan Mentawai. "Ini  merupakan satu kebahagian juga bagi Kepulauan Mentawai. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat yang melaksanakan acara PRB ini di Kepulauan Mentawai," ungkapnya.

Lebih lanjut dia sampaikan pemerintah juga melalui BPBD harus membangun jalur evakuasi di setiap daerah dan pemukiman warga. Menurutnya jalur evakuasi tidak perlu mewah dan bagus, yang terpenting bisa dilalui masyarakat. "Jalur evakuasi perlu dibangun setiap daerah, tidak perlu harus mewah, yang penting jelas bisa dilalui masyarakat," pungkasnya. (Suntoro)


0 komentar:

Posting Komentar

PEMBANGUNAN
KESEHATAN
PERISTIWA
Photobucket
Diberdayakan oleh Blogger.
JURNALISTIK
SOSOK
Photobucket
LPPL Radio Sasaraina Pemkab Mentawai
Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kab.Kep.Mentawai
tel.:0759 320006/fax.:0759 320223
HP. 082390747044