Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Senin, 01 Juli 2019

Dinas Perikanan Mentawai dan Disik an gelar lomba masak berbahan ikan di arena FPM 2019
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Semarakkan Festival Pesona Mentawai (FPM) 2019, Pemkab Mentawai melalui Dinas Perikanan dan Forum Dalam rangka menggebiarkan Festival Pesona Mentawai (FPM) 2019, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Perikanan bekerja sama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) daerah setempat menggelar lomba masak berbahan  dasar ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Mentawai Usman mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan konsumsi ikan setiap hari. Dimana dalam kegiatan lomba ini ditargetkan akan menaikan jumlah konsumsi ikan di tengah masyarakat Bumi Sikerei.

“kegiatan ini tujuannya  agar meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan guna meningkatkan kecukupan gizi bagi  masyarakat” kata Usman di
Tuapejat, Senin, (1/7).

Menurut Usman, konsumsi ikan secara nasional masih sangat rendah bila dibandingkan dengan negara lain.

" Tidak hanya Mentawai, tapi secara nasional juga sangat sedikit,  hanya berkisar 30 kg per kapita/tahun dan sangat jauh berbeda dengan negara Jepang  misalnya yang sudah makan ikan 100 kg per kapita per tahun, sedangkan Malaysia sudah mencapai 50 kg per kapita per tahun," ujarnya

Usman berharap dengan digelarnya berbagai event misalnya lomba masak ikan maka bisa melahirkan kuliner lokal yang handal dalam  mengolah ikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang tinggi.

Sementara  Ketua Forikan Kepulauan Mentawai  Rosmaida Yudas menjelaskan, peningkatan konsumsi ikan memegang peran penting dalam rangka mengembangkan peran hasil perikanan dan peningkatan kualitas SDM.

Menurutnya, kegiatan lomba masak berbahan ikan itu merupakan wujud memasyarakatkan gerakan makan ikan guna peningkatan konsumsi ikan bagi  masyarakat khususnya bagi anak-anak.

“saya berharap dalam kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan, karena ikan merupakan sumber makanan  bergizi tinggi dan dapat diolah menjadi bahan olahan menarik seperti nugget, bakso, abon dan berbagai macam cemilan lainnya” ujarnya.

Rosmaida juga mengajak kaum  milenial untuk terus membiasakan diri  gemar makan ikan. (Nbl)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK