Selasa, 26 Maret 2019

Suasana Musrenbang Penyusunan RKPD Kab. Kep. Mentawai Tahun 2020 di Aula Bappeda.


SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet meminta kepada seluruh jajaran Pemerihan Kabupaten sampai ketingkat pemerintahan Desa untuk terus berpacu dalam meningkatkan pembangun di Kepulauan Mentawai.

Hal tersebut Ia kemukakan saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kabupaten dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2020, Selasa (26/03) di Aula Kantor Bappeda Mentawai.

Menurutnya pembangun bukanlah sebuah keniscayaan yang datang begitu saja tanpa ada usaha, namun butuh perjuangan dan kerja keras, sehingga dengan kegigihan dan kreativitas akan memberikan hasil pembangunan yang lebih maksimal.

"Suatu pembangun itu tidak datang begitu saja, perlu perjuangan, kalau belum maksimal Iya, tetapi pembangun harus direbut, untuk mari semuanya berkompetisi dalam memacu pembangun, hasil pembangun hasilnya berbeda-beda, hal itu mencerminkan kegigihan dan karakter membangun bagi masing-masing instansi, " tuturnya.

Ia berharap pada kegiatan yang mengangkat tema " Pembangunan Parawisata Mentawai Menuju Parawisata Kelas Dunia " bisa terlaksana dengan baik, dimana masing-masing jajaran pemerintah baik tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat Desa diharapkan mampu bersinergi membangun parawisata dengan tugas dan fungsi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Untuk mengangkat parawisata Mentawai masing-masing OPD harus saling mendukung dan  terintegrasi satu dengan yang lainnya, sehingga menjadi satu kesatuan menuju ke satu titik pembangunan, untuk itu kita melakukan kegiatan ini bersama dengan stakeholder dan semua jajaran OPD, "pungkasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mentawai Naslindo Sirait mengatakan bahwa dalam rangka memajukan sektor parawisata tidak terlepas dari  dukungan Sumber Daya Manusia (SDM), Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi, Konektivitas Wilayah dan Kualitas Lingkungan, tiga hal ini mesti ditingkatkan..

Dimana Naslindo memaparkan Capaian Kinerja Tahun 2017 diantaranya Pertumbuhan Ekonomi mencapai 5,13  persen, Angka Harapan Hidup 63,37 dengan Pendapatan Perkapita 46,21 Per Tahun, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kepulauan Mentawai Tahun 2017 mencapai 59,25 Persen dengan rata-rata lama sekolah mencapai 6,69 persen. Selanjutnya rasio ketergantungan tercatat 63,56 persen, penduduk miskin Tahun 2018 tercatat 14,44 persen,
"IPM kita kan masih rendah, jadi IPM ini diantaranya Sektor Pendidikan, Ekonomi dan Kesehatan, nah tiga hal ini harus kita tingkatkan untuk mendukung sektor parawisata, kemudian baru yang lainnya seperti pembangunan infrastruktur yang juga merupakan prioritas, dimana pada tahun 2020 target kita pembangun trans Mentawai sepanjang 30 Km, " pungkasnya 

Turut hadir dalam kegiatan musrembang tersebut Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Unsur Forkopimda Mentawai, Kepala Bappeda Mentawai, Seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mentawai, Camat Se Kabupaten Mentawai, Kepala Desa Se Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Sejumlah tamu undangan lainnya. (red)

0 komentar:

Posting Komentar

PEMBANGUNAN
KESEHATAN
PERISTIWA
Photobucket
Diberdayakan oleh Blogger.
JURNALISTIK
SOSOK
Photobucket
LPPL Radio Sasaraina Pemkab Mentawai
Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kab.Kep.Mentawai
tel.:0759 320006/fax.:0759 320223
HP. 082390747044