Update Real Count Pilpres 219

Photobucket
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Pasangan Joko Widodo (Jokowi) -Ma'ruf Amin menjadi pemenang Pilpres 2019. Dengan jumlah suara sah 85.607.362 suara. Sedangkan jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN). KPU menyebut jumlah suara sah nasional 154.257.601. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul di 21 provinsi, yang terdiri atas Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung. Selanjutnya pasangan nomor urut 01 itu menang di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah. Kemudian Jokowi-Ma'ruf unggul di Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, dan Papua.  Sementara itu, 13 provinsi lainnya dikuasai pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Kamis, 20 Desember 2018

KPU Mentawai Gelar Kursus Kepemiluan di Tuapejat, Kamis (20/12)

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) pada April 2019 mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai mengadakan kursus kepemiluan, Pada Kamis (19/12) di Aula Kantor Bupati Mentawai..

Ketua KPU Mentawai Eki Butman dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan tahapan penyelenggaraan pemilu Tahun 2019.

"Kegiatan ini merupakan tahapan pemilu, yaitu memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang kepemiluan, karena masyarakat akan merasakan langsung efek kepemiluan, baik sifatnya negatif maupun positif," ungkapnya.

Ia menyebutkan setelah mengikuti kursus tersebut diharapkan peserta mampu memahami sistem kepemiluan, selanjutnya menyampaikan kembali kepada masyarakat sekitar." Kita berharap peserta yang ikut pada kursus ini bisa memahami dan berbagi kepada masyarakat apa yang kita dapatkan hari ini," tuturnya..

Dalam kegiatan tersebut Eki Butman terlibat langsung memberikan pemaparan materi pendidikan kepemiluan kepada sejumlah peserta, mulai dari tahapan awal hingga tahapan penyelenggara Pemilu Tahun 2019 mendatang. Disamping itu Ia juga memaparkan sejumlah potensi pelanggaran pemilu.

Divisi Data dan Informasi KPU Sumatera Barat sekaligus Korwil Mentawai Nova Indra dalam persentasenya memperkenalkan bentuk-bentuk kotak  suara dan surat suara, selanjutnya memberikan pemahaman terkait tahapan pemilu.

Sementara itu Komisioner Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat KPU Mentawai Iswanto JA sekaligus moderator dalam kegiatan tersebut menyampaikan kepada peserta bahwa masyarakat berperan penting menyukseskan Pemilu. "Peran masyarakat sangat penting dan strategis dalam menyukseskan Pemilu," tuturnya dalam memandu acara.

Turut Hadir dalam acara tersebut, sejumlah Satker KPU Provinsi Sumbar dan Satker KPU Mentawai, Unsur TNI dan Polri, Personil Kantor SAR Mentawai, Kepala Dusun, Ormas dan Tokoh Agama dan Masyarakat. (rd)


0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Radio Visual

SIARAN SUARA NUSANTARA LPPL RADIO INDONESIA