Iklan

Resmi Dilaunching, Masyarakat 18 Tahun Ke atas Siap-siap Divaksin Dosis Ketiga (Booster)

Rabu, 19 Januari 2022, Januari 19, 2022 WIB Last Updated 2022-01-23T14:57:29Z

Kepala Kantor SAR  Mentawai, Akmal mewakili unsur pimpinan Forkopimda saat divaksinasi 

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT  - Pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan dibayangi oleh ancaman varian baru. Menanggulangi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai resmi melaunching pemberian vaksinasi dosis ketiga (booster) di aula Sekretariat daerah, Rabu (19/01/2022).


Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai mengatakan agar capaian vaksinasi masih harus ditingkatkan untuk membentuk herd immunity. Menurut suatu kajian, imbuhnya, penurunan antibodi terjadi dalam rentang waktu enam bulan.


Lebih lanjut Lahmuddin menyebutkan bahwa capaian vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada 31/12/2021 lalu sebesar 70,81%.


Kemudian, tambahnya, pada 5/1/2022 lalu,  Kementerian Kesehatan menyurati bahwa daerah yang mencapai 70% pada vaksinasi tahap pertama dan di atas 60% vaksinasi lansia, maka diberikan ruang untuk vaksinasi pelajar usia 6-11 tahun dan Mentawai menjadi Kabupaten ketiga diberikan kesempatan vaksinasi tersebut.


"Pemberian vaksin bagi pelajar tersebut di wilayah Sumatera Barat diawali pada 13/12/2021 lalu di Sawahlunto, diikuti Mentawai, kemudian Padang Panjang.


Mentawai dan Sawahlunto mendapatkan prioritas vaksinasi ketiga (booster),"tutur Lahmuddin dalam sambutannya.


Ia menyebutkan bahwa vaksinasi dosis ketiga telah dimulai sejak jumat (14/1/2022) lalu dan sasaran yang akan divaksin sebanyak 68.511 orang. 


Syaratnya, usia di atas 18 tahun, sudah dua kali vaksin covid-19, dan rentang waktu enam bulan dari vaksin kedua.


Lahmuddin menyebutkan, dari 10.979 kasus Covid-19 di Mentawai, satu meninggal di Padang dan dua di Mentawai.

 

"Tim vaksinator puskesmas sudah kita siapkan. Harapannya, masyarakat datang ke pos imunisasi di Puskesmas. Kita juga berharap kerjasama seluruh pihak dalam pelaksanaannya,"ujarnya.


Pada tempat yang sama, Yosep Sarogdok, Ketua DPRD Mentawai mengimbau agar masyarakat tidak takut divaksin karena terbukti aman untuk mengantisipasi penyebaran varian baru virus Corona.


Saat bersamaan, AKBP Mu'at, Kapolres Kepulauan Mentawai turut mengapresiasi capaian target vaksinasi berkat kerjasama tim vaksinator dari pihak kesehatan, TNI/Polri menyusuri wilayah 3T Kepulauan Mentawai.


Ia berharap warga berpartisipasi dan tim Satgas akan memastikan masyarakat usia 18 tahun ke atas untuk divaksin.


Pencanangan vaksin booster diikuti oleh Kepala Forkopimda, Kepala OPD, pimpinan organisasi, tokoh agama, yang melalui proses screening sebelum divaksin. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Resmi Dilaunching, Masyarakat 18 Tahun Ke atas Siap-siap Divaksin Dosis Ketiga (Booster)

Terkini

iklan2

Iklan