Iklan

Jaga Keamanan Ternak dan Pangan, Mentawai Ajukan Adanya Personil Karantina

Kamis, 23 Juli 2020, Juli 23, 2020 WIB Last Updated 2020-07-23T02:11:41Z
Foto ilustrasi karantina ternak (internet)
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT- Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Padang, Eka Darnida Yanto menyampaikan bahwa ia berharap dalam tahun 2020 ini sudah ada personil karantina di Pulau Siberut, Sipora, dan Pagai Utara Selatan.

Hal tersebut disampaikan dalam diskusi
bersama Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai Hatisama Hura saat ia berkunjung ke Sipora Utara, Rabu (22/7/2020).

Selanjutnya Eka juga berharap pada tahun 2021 mendatang akan ada pembangunan kantor di Mentawai sehingga pemasukan dan pengeluaran hewan dan tumbuhan terawasi dengan baik di Kepulauan Mentawai.

"Mudah-mudahan dengan adanya personil karantina di Mentawai nantinya dapat lebih ketat lagi pengawasan terhadap hewan pembawa rabies sehingga mendukung kenyamanan sektor pariwisata," ujar Yudas Sabaggalet, Bupati Kepulauan Mentawai pada kunjungan tersebut.

Saat bersamaan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai Hatisama Hura berharap dengan dibentuknya tim pengawas  ternak, hewan, dan pangan
yang melibatkan lintas sektor di dermaga setiap Pulau Siberut, Sipora, dan Sikakap, keamanan pangan dapat terlaksana.

Diketahui, pada tahun 2015 sesuai Keputusan Menteri Pertanian RI,
Kabupaten Kepulauan Mentawai dinyatakan kawasan bebas dari penyakit anjing gila atay rabies dan berharap adanya lokasi karantina yang dilengkapi personil di setiap lokasi.

Saat ini, Mentawai sudah mengajukan surat permintaan adanya personil dan kantor karantina ke Badan Karantina.
(KS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jaga Keamanan Ternak dan Pangan, Mentawai Ajukan Adanya Personil Karantina

Terkini

iklan2

Iklan