Iklan

Pemkab Mentawai Raih 2 Penghargaan Anugerah Penyiaran KPID Sumbar 2023

Rabu, 06 Desember 2023, Desember 06, 2023 WIB Last Updated 2023-12-06T04:19:17Z




SASARAINAFM.COM │TUAPEJAT - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai bakal meraih dua penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah KPID Sumatera Barat. dua Penghargaan itu adalah dalam kategori Kepala Daerah Peduli Penyiaran,dan kategori Tokoh Inspirasi Penyiaran atas nama Rahadio.


Saat dikonfirmasi via telepon,  Ketua KPID Sumatera Barat Robert Cenedy membenarkan kabar tersebut. Robert mengatakan, dua penghargaan untuk pemkab Mentawai itu diberikan sebagai ujud dorongan kepada Lembaga Penyiaran Radio dan Televisi di Sumatera Barat yang positif, inovatif, kreatif, profesional dan bertanggung jawab dalam memberikan informasi yang benar dan juga menciptakan acara hiburan yang sehat serta menjadi media kontrol dan perekat sosial sesuai dengan amanat undang-undang nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran dan pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran P3SPS.


Menurut Robert, penghargaan yang diberikan kepada Penjabat Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak dalam kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran, dan kepada Rahadio Direktur LPPL Sasaraina FM dalam kategori Tokoh Inspirasi Penyiaran pada Anugerah KPID Sumbar 2023 diberikan setelah melalui proses verifikasi dan penjurian. Sementara untuk pelaksanaan acara Anugerah KPID Sumbar 2023 sendiri, kata Robert akan dilaksanakan pada Kamis malam 7 Desember 2023 di Hotel Truntum Padang.


" tentu kita lakukan verifikasi dan penjurian, bahkan kita langsung datang ke Mentawai waktu itu untuk wawancara langsung sama bapak Bupati, dan kita lihat langsung bagaimana sistem dukungan Pemkab Mentawai terhadap penyiaran, khususnya kepada LPPL Sasaraina ya, yang menurut kami sangat luar biasa, karena selain tersedianya anggaran yang memadai juga Bapak Bupati mengintruksikan kepada setiap OPD untuk menggunakan layanan penyiaran disini," jelas Roberts 


Sementara, Pj. Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, melalui Kepala Dinas Kominfo Mentawai, Heri Robertus menyebutkan, anugerah KPID tersebut merupakan bentuk kehormatan dan penghargaan bagi Pemkab Mentawai dalam hal pengelolaan lembaga penyiaran, khususnya pada LPPL Sasaraina FM, yang dalam beberapa tahun terakhir sarat dengan prestasi dengan mengembangkan sistem penyiaran baik secara analog maupun digital berbasis website dan media sosial.  


Menurut Heri, peran pemerintah dalam penyiaran pada era digitalisasi sangat penting untuk mendorong lembaga penyiaran supaya lebih maju dengan era teknologi informasi yang lebih modern.


"penghargaan ini tentu akan lebih memberikan motivasi lembaga penyiaran khsuusnya LPPL Sasaraina yang saat ini juga telah dikembangkan kearah sistem penyiaran digitalisasi berbasis web dan medsos, ini akan menumbuhkan kreatifitas dalam memproduksi dan menyajikan program-program yang positif" imbuh Heri. 


Anugrah KPID Sumbar ini juga dapat dijadikan tolak ukur terutama untuk Pemkab Mentawai dalam mendukung upaya percepatan digitalisasi penyiaran karena hal ini sejalan dengan program pemerintah daerah yang mencanangkan sebagai kabupaten smart digital.


"Anugerah penyiaran ini diharapkan dapat menjadi pemicu dan semangat lembaga penyiaran di Mentawai untuk dapat mengikuti perkembangan zaman terutama di era digital agar tetap hidup dan jaya dan tentunya tetap menjadi sumber informasi terpercaya masyarakat, " pungkasnya. (dhe)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Raih 2 Penghargaan Anugerah Penyiaran KPID Sumbar 2023

Terkini

iklan2

Iklan