Iklan

Peringati Hardiknas 2 Mei, Pj Bupati Mentawai Buka secara Resmi Acara Lomba Tingkat TK dan SD se Sipora Utara.

Selasa, 09 Mei 2023, Mei 09, 2023 WIB Last Updated 2023-05-09T05:30:10Z

Peserta Lomba tampak sangat antusias mengikuti kegiatan lomba

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT -  Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023 dengan tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar rangkaian lomba dengan memakai atribut pakaian Daerah Masing-masing di Indonesia dan dibuka Langsung oleh PJ Bupati Kepulauan Mentawai dalam hal ini di Wakili Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah Dul Sumarno, Sabtu 06/05 di Homestay Mapaddegat.

Subtema Mencintai Budaya Mentawai Sejak dini merupakan salah satu upaya pelestarian budaya Indonesia untuk Generasi Mentawai.


Dul Sumarno mengatakan  berbagai lomba yang digelar antara lain lomba Mewarnai ,Menggambar dan fashion show tingkat TK dan SD itu bertujuan memupuk semangat dan jiwa kreatif anak sejak dini untuk bisa mandiri, percaya diri dan siap mental dalam menghadapi setiap tantangan yang ada kedepan.



‘’ kegiatan ini sama sama kita apresiasi bagaimana anak-anak kita ini mampu bersaing, mandiri, percaya diri dan siap mental untuk regenerasi berikutnya”. Ujarnya.


Ia juga mengatakan kepada anak- anak terlebih orangtua didik untuk mengambil makna dari kegiatan lomba ini, tidak hanya mengejar juaranya atau mencari siapa yang terbaik tetapi bagaimana anak-anak ini bisa mencintai budayanya, melanjutkan perjuangan para senior untuk pembangunan Mentawai di masa yang akan datang.


Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Oreste Sakeroe mengatakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2023 Yang sebelumnya sudah di lakukan Upacara Bendera di halaman Kantor Bupati Mentawai, Menurutnya walaupun kegiatan atau lomba ini baru di laksanakan, tetapi tidak mengurangi semangat  peserta lomba untuk ikut berpartisipasi demi merayakan Hardiknas tahun 2023. Kata dia mengapa kegiatan ini dilakukan, dimana temanya ini adalah Budaya Mentawai, tentunya fokus Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek sudah menetapkan 5 poin penting warisan budaya tak benda yang dimiliki oleh Mentawai dan tidak boleh di klaim oleh yang lain dan itu adalah hasil budaya Mentawai baik Tatto,Uma,Sikerei, Pasikuut Abag (Membuat Sampan) dan lain sebagainya. 


‘’ budaya Mentawai harus di lestarikan kepada anak-anak sejak dini karena amanatnya adalah kalau sudah ditetapkan wajib di lestarikan supaya itu tidak hilang, ini khas milik Mentawai begitu juga daerah lain ada WTB nya. Bagaimana kita melestarikannya tentu kita mulai tanamkan kepada anak-anak sejak dini apa itu sikerei, apa itu tattoo, apa itu uma dan lainnya yg berkaitan tentang budaya Mentawai’’. Tegasnya.


Oreste berharap kepada Orangtua anak supaya mengajarkan, mendidik anaknya untuk lebih mencintai, menanamkan, dan melestarikan budaya Mentawai. ia juga mengimbuhkan dalam kegiatan ini juga tidak hanya Budaya Mentawai yang di Tampilkan, tetapi Budaya nasional juga ikut ditampilkan karena di Mentawai ada berbagai macam kebudayaan. {Md}

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hardiknas 2 Mei, Pj Bupati Mentawai Buka secara Resmi Acara Lomba Tingkat TK dan SD se Sipora Utara.

Terkini

iklan2

Iklan