Iklan

Pemkab Mentawai Gelar Rapat Koordinasi Penguatan Inovasi Daerah

Senin, 03 April 2023, April 03, 2023 WIB Last Updated 2023-04-03T02:54:49Z

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rinaldi saat membuka Rapat Koordinasi Penguatan Inovasi Daerah di Aula Bappeda Mentawai

SASARAINAFM.COM |
TUAPEJAT - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rinaldi secara resmi membuka Rapat Koordinasi Penguatan Inovasi Daerah di Tuapejat kabupaten Kepulauan Mentawai Jumat, (31/4) 


Pada sambutannya, Rinaldi menyebutkan, inovasi menjadi kebutuhan Pemerintah dalam mempercepat tercapainya tujuan pembangunan daerah. Menurutnya pemerintah daerah wajib Menyusun atau membuat inovasi sesuai aturan yang diamatkan pada Peraturan Menteri PAN RB No 7 Tahun 2021, tentang kompetisi inovasi pelayanan publik di lingkungan Pemerintah dengan minimal memiliki satu inovasi dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah.

 

“inovasi merupakan kunci transformasi, energi untuk menciptakan perubahan dan solusi untuk mengatasi permasalahan dalam memenangkan persaingan, jadi inovasi ini tentu sesuatu hal yang memang saat ini tidak bisa kita elakkan lagi , dan ini sudah sangat muda kita laksanakan sebagaimana amanat dari Presiden RI Joko Widodo, "Ujar Rinaldi


Lebih lanjut Rinaldi mengatakan, dengan adanya inovasi akan menciptakan tradisi baru, pola dan cara baru untuk melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan secara monoton, dan dengan inovasi pada setiap OPD, diharapkan akan menumbuhkan semangat OPD dalam upaya percepatan pembangunan melalui rencana Pembangunan Daerah yang telah ditetapkan untuk tahun 2023/2026.


Sementara Kepala Bapedda Kabupaten Kepulauan Mentawai Sahad Perdamaian menyebutkan kegiatan Rakor Inovasi Daerah merupakan kegiatan strategi dalam upaya meningkatkan kesadaran perangkat daerah akan pentingnya Inovasi Daerah sesuai Peraturan Pemerintah, baik itu dalam rangka peningkatan kinerja, daya saing daerah dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal.


Menurut Sahad, Pemerintah daerah dituntut untuk melakukan berbagai inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, baik Inovasi dalam bentuk tata kelola Pemerintahan, Inovasi Pelayanan Publik, maupun Inovasi lainnya sesuai dengan urusan Pemerintah yang menjadi kewenangan Daerah.


" inovasi ini ada 2 maknanya, dari yang tidak ada menjadi ada, lalu bagaimana percepatan kita, karna inovasi ini sangat penting sekali kita lakukan, inovasi ini minimal 6 OPD yang utama harus bergerak termasuk SPM, baik itu PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Perwaskim, Damkar dan lain-lain.'' ungkapnya.


Sahad berharap Organisasi Perangkat Daerah setidaknya bisa memperbaiki, punya komitmen, punya niat untuk membangun Mentawai yang lebih baik.

Turut hadir Plt Sekda Mentawai Rinaldi, Narasumber, Camat dan Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai,'' Kata Sahad


Hadir pada rapat koordinasi dalam rangka penguatan inovasi daerah tahun 2023 itu antara lain, unsur pimpinan Forkopimda, dan para kepala OPD dilingkup Pemkab Mentawai {MD}

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Gelar Rapat Koordinasi Penguatan Inovasi Daerah

Terkini

iklan2

Iklan