Iklan

BPN Mentawai Targetkan Sebanyak 1.800 Bidang Tanah di Desa Tuapejat dan Goiso’oinan Tersertifikasi Tahun ini

Kamis, 09 Maret 2023, Maret 09, 2023 WIB Last Updated 2023-03-09T05:54:39Z


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT -
Badan Pertanahan Nasional BPN Kepulauan Mentawai menargetkan proses sertifikasi sebanyak 1.800 bidang tanah di 2 desa wilayah kecamatan Sipora Utara selesai pada tahun 2023.


Ketua Ajudikasi BPN Kabupaten Kepulauan Mentawai, Onsmerizal mengatakan  target sertifikasi  melalui program  pendaftaran tanah sistematis lengkap atau PTSL bakal dilakukan di desa Tuapeijat sebanyak 1.300 sertifikat dan di desa Goiso’Oinan 500 sertifikat.


Menurut Onsmerizal, program PTSL tersebut  dibiayai oleh Pemerintah,  pemilik tanah hanya menyediakan  bukti-bukti kepemilikan tanah, seperti dokumen jual beli tanah, dan surat pernyataan penguasaan fisik bidang tanah dan surat keterangan dari Desa.


 “Kalau sekiranya bukti-bukti itu sudah lengkap, sudah bisa kita masukkan dalam program PTSL maka sudah bisa kita terbitkan sertifikatnya,” ujar Onsmerizal pada acara Penyuluhan Program  Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap  (PTSL) di kantor desa Tuapejat, Rabu, (8/3/2023)


Pihak BPN,  kata Onsmerizal akan memberikan masa sanggah selama 14 hari, jika tidak ada gugatan dari pihak lain, maka sertifikat akan diterbitkan paling lama 2 sampai 3 Minggu.


Menurutnya untuk saat ini proses sertifikasi tanah hanya dilakukan untuk 1.800 bidang tanah, dari usulan sebelumnya sebanyak  2.300 bidang tanah, dan telah dimulai pada 6 Maret 2023 dengan melakukan pembuatan foto udara tegak melalui pesawat drone oleh pihak ketiga, sedangkan untuk pendaftaran program PTSL ini dapat dilakukan melalui Dusun atau melalui Desa di kecamatan Sipora Utara.


Sementara Sekretaris Desa Tuapeijat, Nobel Nehe menyebutkan pendaftaran  program PTSL sudah dibuka sejak Bulan Februari 2023 di kantor desa Tuapejat, dan pihaknya juga masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah untuk segera mendaftarkan bidang tanahnya ke Desa.


“Setelah pendaftaran itu rampung nantinya akan kita input ulang dan data ini yang mau kita sampaikan ke pihak BPN,” ujarnya


Mengingat geografis desa Tuapejat yang cukup luas, dan masih banyaknya warga Tuapejat yang belum memiliki sertifikat tanah, maka pihaknya berencana mengusulkan adanya penambahan kuota untuk pendaftaran sertifikasi tanah melalui program PTSL ini pada tahun depan. (Str)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPN Mentawai Targetkan Sebanyak 1.800 Bidang Tanah di Desa Tuapejat dan Goiso’oinan Tersertifikasi Tahun ini

Terkini

iklan2

Iklan