Iklan

Tahun ini, desa Tuapejat Berupaya Ujudkan Desa Digital Berbasis Website untuk Permudah Layanan kepada Warganya.

Senin, 06 Februari 2023, Februari 06, 2023 WIB Last Updated 2023-02-06T03:32:59Z


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT -
  Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai berupaya ujudkan desa  digital berbasis web sebagai program unggulan desa melalui dana desa tahun 2023.


Sekretaris Desa Tuapejat, Nobel  menyebutkan, selain  program pembentukan desa wisata, dan program lain yang berdampak langsung kepada masyarakat, seperti memberikan bantuan,  prioritas di tahun 2023 adalah perencanaan desa  digital berbasis web.

 

"Untuk tahun ini, target kita masih dalam pemberdayaan masyarakat itu ada bantuan kita akan kembali memberikan bantuan bagi peternak dan petani kemudian yang paling prioritas tahun ini sebelum penetapan APBD kita akan masukan program sistem desa digital. Dan program ini akan kita rampungkan tahun ini" Kata Nobel di ruang kerjanya, Jumat (3/2-2023) 


Desa digital sendiri kata Nobel, dimaksudkan untuk mendata penduduk dan juga bangunan-bangunan yang ada di desa. Melalui Website dan aplikasi yang akan di buat nantinya dalam program desa digital ini. 


Menurutnya untuk mewujudkan desa digital itu, pihak desa akan  menggandeng satu tim ahli berasal dari Bali, para tenaga ahli ini didatangkan khusus untuk membantu  melakukan pendataan dan mempersiapkan website beserta aplikasi yang diperlukan.


Dilain sisi Nobel mengeluhkan kecilnya anggaran desa yang mengalami penurunan sekira 50 persen dibanding tahun sebelumnya, namun hal itu tidak menyurutkan para aparat desa untuk mewujudkan program-program yang berdampak langsung kepada masyarakat, terutama untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat melalui akses internet.


"karena kendala kita sekarang masalah anggaran. Anggaran tahun ini yang bersumber dari ADD itu kita hanya dapat pasokan anggaran 745 juta, Yang bersumber dari ADD. Sementara yang dari DD, itu hanya 1 M. Jadi total anggaran kita 1,7 M. Berbeda jauh anggaran yang kita dapatkan tahun 2022 lalu. Dari DD kita dapat suntikan dana itu 1,7 M sementara dari ADD kita dapat suntikan dana 1,3 M. Turun drastis hampir 50%. Nah ini yang jadi kendala kita, tapi kita tetap upayakan program harus berjalan, " Pungkas Nobel. (Tim/MA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tahun ini, desa Tuapejat Berupaya Ujudkan Desa Digital Berbasis Website untuk Permudah Layanan kepada Warganya.

Terkini

iklan2

Iklan