Iklan

Plt Sekda Mentawai Buka Festival Masyarakat Mentawai Insipirasi Pasibitbit Uma

Senin, 27 Februari 2023, Februari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-02-27T01:58:02Z

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Rinaldi, membuka secara resmi kegiatan festival Masyarakat Mentawai inspirasi Pasibitbit Uma (Pensucian Uma) 


SASARAINAFM.COM | MUNTAI -
Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Rinaldi, membuka secara resmi kegiatan festival Masyarakat Mentawai inspirasi Pasibitbit Uma (Pensucian Uma) yang merupakan Penciptaan Karya Seni Pertunjukan Tugas Akhir Mahasiswa ISI Padangpanjang oleh Achmad Ghozali Idham Muttakin merupakan anak Mentawai yang saat ini menempuh Pendidikan di ISI Padangpanjang dan sekaligus penampilan Tari Kolaborasi dari berbagai sanggar yang ada di Kecamatan Siberut Selatan, bertempat di Uma Muntei, Jumat 24/02/2023.


Rinaldi dalam sambutannya mengatakan turut bangga dan mengapresiasi acara festival Masyarakat Mentawai Insipirasi Pasibitbit Uma yang sangat bermakna terutama Pemerintah Daerah, dan sekaligus berterimakasih kepada ISI Padangpanjang dalam hal ini kepada Achmad Ghozali yang telah memberikan ruang cukup besar kepada Kabupaten Kepulauan Mentawai terutama kepada anak anak generasi penerus untuk mengembangkan bakat di bidang seni  yang menurutnya  memiliki secara kekhususan oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai, ini juga merupakan impian masyarakat Mentawai, dimana Achmad Ghozali bisa menampilkan sesuatu hal yang cukup luarbiasa dan mengembangkan seni budaya Mentawai yang sudah ada. 


Di samping itu juga ada program prioritas pariwisata terkait pembangunan rumah homestay yang berlokasi di Muntei, yang bisa ditempati oleh wisatawan dari luar.


‘’Turut Apresiasi luarbiasa Kepada beliau dan ini juga akan meningkatkan motivasi kepada generasi muda terkhusus wilayah siberut selatan yang kaya dengan seni budaya, adat, alam dan pariwisatanya. Ini sudah kita sampaikan baik dari pemerintah daerah ,propinsi sumatera barat, maupun pemerintah pusat, bahwa di Mentawai itu ada  program prioritas 3M1K salah satunya desa muntei, Di samping itu juga ada program prioritas pariwisata terkait pembangunan rumah homestay yang berlokasi di Muntei, yang bisa ditempati oleh wisatawan dari luar, ini ada 10 unit rumah homestay yang akan kita coba upayakan secepatnya’’Ujarnya.


Rinaldi juga menambahkan hampir penjuru dunia orang kembali ke bad natural, kembali ke alam, apalagi bumi sikerei ini kaya dengan seni,budaya,adat dan alamnya. Menurutnya Kabupaten Kepulauan Mentawai khususnya Pulau Siberut punya ciri khasnya sendiri. Maka budaya Mentawai harus lestari dan bertahan ditengah perkembangan zaman. 


Ia berharap kepada masyarakat dengan hadirnya festival masyarakat Mentawai ini yang telah di inisiasi oleh ISI Padangpanjang dan melibatkan langsung kepada Putra Daerah Achmad Ghozali, dan berhubungan langsung dengan kementrian Pendidikan kebudayaan, riset dan teknologi sehingga ini bisa terwujud dan menambah semangat putra putri Mentawai dalam berkarya. ia juga mengatakan bicara pariwisata ,SDM, masyarakatnya harus betul betul memahami pariwisata itu adalah melayani dengan baik, memberikan informasi dengan baik, dan ramah tamah.


Turut mendampingi Asisten III Dul Sumarno, Kadis Pariwisata Joni Anwar, Disdikbud, dan Camat Siberut Selatan’’.{Md}

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Plt Sekda Mentawai Buka Festival Masyarakat Mentawai Insipirasi Pasibitbit Uma

Terkini

iklan2

Iklan