Iklan

Pelaksanaan Training of Trainer (ToT) Business Continuity Plan (BCP) Sebagai Pengelolaan UMKM di Daerah Rawan Bencana.

Senin, 30 Januari 2023, Januari 30, 2023 WIB Last Updated 2023-01-30T03:11:19Z


SASARAINAFM.COM | SAUREINUK  -
  Dalam rangka mempersiapkan keterampilan dan pengetahuan untuk mendesiminasikan pengelolaan keberlanjutan UMKM di daerah rawan bencana, serta tersedianya dokumen BCP, JEMARI Sakato bersama FIELD & ASB melaksanakan Training of Trainer (TOT) Business Continuity Plan (BCP) dihadiri oleh bapak Novrizal selaku Kasi UMKM Koperindag Kepulauan Mentawai yang memberi dukungan penuh untuk kegiatan ini pada pembukaannya Kamis (5/1/2023) 


Karena dikenal sebagai daerah rawan bencana, JEMARI Sakato bersama FIELD &ASB berinisiatif mengadakan Acara Pelatihan terkait pengelolaan keberlanjutan usaha yang tahan iklim pada daerah rawan bencana di kabupaten Mentawai tepat nya di UMA desa Saureinuk, kecamatan Sipora selatan. 


Felmi Yetti selaku Program Manager di yayasan Field mengatakan bahwa melalui program ini masyarakat diharapkan bisa terus mempersiapkan mata pencaharian saat terjadinya bencana. 


"Nah bagaimana saat terjadi bencana terkait usaha di desa masing-masing untuk terus mempersiapkan keberlanjutan mata pencaharian" ungkapnya pada hari pertama training. 



Business Continuity Plan sendiri merupakan sebuah rencana kerja atau rencana tindakan yang akan dilakukan perusahaan jika terjadi “bencana”, dengan tujuan memastikan bisnis perusahaan tetap berjalan dan tetap bisa melayani pelanggannya.


Sedangkan Training of Trainers adalah untuk melibatkan pelatih dalam melatih pelatih baru yang tidak berpengalaman dengan topik tertentu atau keterampilan, atau dengan pelatihan secara keseluruhan 


Dinas Koperindag juga sangat mendukung kegiatan ini. Yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pemberdayaan UMKM Kepulauan Mentawai Nofrizal pada pembukaan acara. 


"dinas koperindag ingin melakukan forum UMKM yang sedang dicoba inisiasi dan melakukan pembinaan di UMKM, sehingga sangat mendukung sekali untuk memberikan dukungan, selanjutnya terkait acara ini mengucapkan terimakasih kepada FIELD dan JEMARI sakato yang telah membantu untuk mengumpulkan motivator UMKM di desa" ujar Nofrizal


Banyak kegiatan yang akan dilakukan dalam acara Training of Trainer (ToT)  Business Continuity Plan (BCP) yaitu pemberian pemahaman tentang UMKM, Pengenalan Bussines model Canvas, cara penggunaan tools BIA, pengenalan BCP dan banyak lagi. 


Kegiatan ini di mulai pada kamis tanggal 5 januari dan masih berlanjut untuk beberapa hari kedepan. (MA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelaksanaan Training of Trainer (ToT) Business Continuity Plan (BCP) Sebagai Pengelolaan UMKM di Daerah Rawan Bencana.

Terkini

iklan2

Iklan