Iklan

Mentawai merupakan daerah dengan nilai kerukunan paling tinggi di Sumatera Barat

Senin, 30 Januari 2023, Januari 30, 2023 WIB Last Updated 2023-01-30T04:17:09Z

Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama RI Dr. Jeane Marie Tulung S.th. M.Pd pada acara Temu Ramah Bersama ASN dan Tokoh Lintas Agama Selasa (24/01/2023)   

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT -
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Mentawai Masdan, S.Ag, M.A sebutkan Kabupaten Kepulauan Mentawai  merupakan daerah dengan nilai kerukunan beragama paling tinggi di Sumatera Barat.


Hal itu disampaikan Masdan pada paparan presentase di depan  Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama RI Dr. Jeane Marie Tulung S.th. M.Pd pada acara Temu Ramah Bersama ASN dan Tokoh Lintas Agama Selasa (24/01/2023)   


"Dalam keseharian kita sangat rukun tanpa ada kendala dan halangan, pembangunan rumah ibadah tidak ada larangan, jika ada uang ada tempat silahkan di bangun lalu pendidikan juga begitu tergantung para pemuka agama menyatukan presepsi dan terus di kembangkan" sebut Masdan.


Menurut Masdan dari persentase kerukuran Sumatera Barat berada pada urutan ke 33 dan daerah dengan kerukunan paling tinggi di sumatera barat adalah mentawai, dari persentase agama di mentawai 50% kristen, 27% khatolik dan 23% agama islam. 


Masdan juga menyampaikan  rasa terimakasi dan bangganya terhadapa kunjungan langsung Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama ke Mentawai. 


"Ini adalah rekor satu satunya Dirjen yang menginjakkan kaki di Mentawai dan ini adalah hal sangat kami tunggu tunggu luar biasa ibu Dirjen tanpa perwakilan langsung turun ke Mentawai, bisa di bilang daerah 3T yang jika di tempuh dengan pesawat memakan waktu 45 menit, kapal cepat 3-4 jam dan kapal malam 12 jam" ujarnya. 


Pada bagian lain,  Masdan juga  berharap agar di Mentawai di bangun rumah ibadah yang presentatif dalam artian Mentawai memiliki Masjid dan Gereja Raya seperti daerah lain yang menjadi ciri khas tersendiri.. 


"Untuk kemajuan Mentawai termasuk jajaran Kemenag sepanjang tidak ada campur tangan dari pusat kami tidak ada apa apanya, semoga kedepannya berdiri rumah ibadah yang presentatif di Mentawai yang menjadikan  rumah ibadah yang nyaman untuk masyarakat dan kami berharap anggaran anggaran yang ada langsung masuk ke pada kami, jangan di tahan lagi di kanwil, karna kami yang tau daerah kami, kami yang menjalankan, " harap Masdan


Masdan juga memaparkan tentang pemberian intensif kepada para guru agama, yaitu pada  tahun 2013 untuk Madrasah sudah diberikan tunjangan khusus kepada guru ASN sebesar Rp. 2.300.000 per orang, kemudian kepada guru Non ASN di berikan tunjangan khusus sebesar Rp.1.300.000 plus dan intensif sebesar Rp. 300.000, sedangkan pada tahun  2016 juga telah diberikan bantuan tunjangan kepada  semua guru agama sebesar Rp. 2.300.000 per orang. 


Masdan menambahkan, pada tahun  tahun 2001 telah dicanangkan sebagai Tahun kerukunan dan moderasi beragama dengan doa bersama oleh Mentri Agama RI, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai telah melakukan hingga saat ini.


"Dari mentawai tahun 2015 kami telah melakukan moderasi beragama doa, berkumpul dan makan bersama dengan pemuka agama semuanya bersatu ini wujud moderasi beragama yang telah kami lakukan di Kepulauan Mentawai sehingga kami dapat di jauhkan dari berbagai bencana yang datang" Pungkasnya (MA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mentawai merupakan daerah dengan nilai kerukunan paling tinggi di Sumatera Barat

Terkini

iklan2

Iklan