Iklan

Miliki segudang Manfaat, Pemkab Mentawai Tanam 25 Ribu Batang Bambu di Dusun Mangorut

Kamis, 10 November 2022, November 10, 2022 WIB Last Updated 2022-11-10T10:00:41Z

Plt. sekda mentawai dan tim saat menanam Bambu di Dusun Mangorut

Sasarainafm.com I Siberut Selatan
- Pohon bambu memiliki segudang manfaat bagi manusia serta lingkungan. Bahkan dapat di gunakan sebagai bahan baku industri, konstruksi bangunan, produk rumah tangga, kesenian, dan budaya.


Tidak hanya itu, pohon bambu juga dapat mencegah terjadinya erosi di sepanjang sungai dan dapat menyerap karbon dioksida.


"Prinsipnya pohon bambu jenis petung ini banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Bambu yang ditanam ini sebanyak 25 ribu batang yang akan ditanam di sepanjang bentangan kiri dan kanan sungai Desa Madobag hingga Desa Matotonan," sebut Plt. Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rinaldi saat menghadiri kegiatan Penanaman Bambu Keanekaragaman Hayati di Dusun Mangorut, Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Selasa  (8/11/2022).


Kegiatan penanaman bambu pengelolaan keanekaragaman hayati ini, Dinas Lingkungan Hidup Mentawai bekerja sama dengan Puslit Bambu LPPM Universitas Udayana. Rinaldi mengajak masyarakat setempat untuk memanfaatkan bambu tersebut dan tidak menyia-nyiakannya karena memiliki banyak potensi.

Budidaya Bambu Petung di siberut Selatan


"Dengan adanya penanaman pohon bambu ini, sangat berdampak besar bagi masyarakat dan pemerintah serta membuka lapangan pekerjaan serta sebagai objek wisata,"imbuhnya.


Pada kesempatan itu, Rinaldi mengimbau kepada 8 Kelompok yang ada di dusun mangorut yang telah melaksanakan penanaman pohon bambu agar dapat merawat dan menjaganya.


"Kegiatan yang sudah di programkan pemerintah di harapkan kepada kelompok untuk serius memelihara dan mengembangkan pohon bambu ini agar program tersebut berkesinambungan nantinya," tuturnya. (KS/Humas)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Miliki segudang Manfaat, Pemkab Mentawai Tanam 25 Ribu Batang Bambu di Dusun Mangorut

Terkini

iklan2

Iklan