Iklan

Banjir Landa Sejumlah Desa, Bantuan Logistik Mulai Disalurkan

Senin, 14 November 2022, November 14, 2022 WIB Last Updated 2022-11-14T16:32:28Z

Penyaluran bantuan di Desa terdampak banjir di Monganpoula (foto:ist)

Sasarainafm.com I Tuapejat
– Sejumlah desa di wilayah Kabupaten Kepulauan mentawai terdampak banjir akibat hujan yang terus menerus sejak Jumat (11/11/2022). Diantaranya, Kecamatan Siberut Utara, Siberut Barat, dan Siberut selatan.


Berdasarkan laporan warga, kondisi terparah saat ini berada di Desa Monganpoula Kecamatan Siberut Utara dan Desa Sigapokna Kecamatan Siberut Barat.


Menanggapi hal tersebut, Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Novriadi mengatakan bahwa pemerintah sudah mulai mendistribusikan bantuan pada warga Desa Monganpoula pada senin sore (14/11/2022).


“Pemerintah sudah berupaya memberikan dukungan logistik dari tempat terdekat dari pusat kecamatan, karena dari kabupaten jauh dan cuaca tidak mendukung melakukan pelayaran. Bantuan yang disalurkan berupa selimut, tenda, dan makanan siap saji sudah disalurkan melalui lumbung sosial,”kata Novriadi, Senin (14/11/2022)


Ia menambahkan, BPBD telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan Kecamatan untuk menyediakan tempat evakuasi yang lebih baik dan lebih tinggi jika seandainya banjir masih berlanjut.


Distribusi bantuan di desa Monganpoula (foto:ist)

Ketinggian banjir telah mencapai dua meter dan merendam permukiman warga. Hingga kini, hujan masih terus mengguyur sejumlah wilayah di Mentawai.


“Di desa Sigapokna, sebagian warga mengungsi ke gedung SD yang lokasinya lebih tinggi. Sementara bantuan logistic ke sana belum bisa didistribusikan karena daerah pantai barat dan cuaca tidak mendukung pelayaran ke sana,”imbuh Novriadi.


Sementara itu, satu unit rumah warga di Desa Simatalu Kecamatan Siberut Barat mengalami rusak berat akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.


BPBD terus mengimbau warga terdampak banjir untuk terus mengupdate info BMKG melalui aparat pemerintah daerah setempat. Warga diminta tetap waspada dan jika banjir semakin tinggi, agar melakukan evakuasi secara mandiri ke tempat yang lebih aman.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Banjir Landa Sejumlah Desa, Bantuan Logistik Mulai Disalurkan

Terkini

iklan2

Iklan