Iklan

Budidaya Kebun Lebah, Mahasiswa Geografi Berdayakan Masyarakat

Rabu, 12 Oktober 2022, Oktober 12, 2022 WIB Last Updated 2022-10-12T14:54:32Z

Kebun Budidaya Lebah Madu Dusun Bose

Sasarainafm.com | Sikabaluan - Mahasiswa Geografi Universitas Negeri Padang melakukan peresmian Kebun Budidaya Lebah Madu melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa PPK Ormawa di Desa Muara Sikabaluan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dusun Bose, Desa Muara Sikabaluan, Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu dusun yang memiliki potensi Lebah Madu yang potensial untuk dikembangkan, mengingat potensi hutan Mangrove dan kebun campuran di Dusun ini sangat melimpah. Kegiatan ini bekerjasama dengan Inspirator Lebah Madu Indonesia Region Sumatera Barat.



"Konsep yang diterapkan dalam program pemberdayaan masyarakat desa ini yaitu pelestarian lingkungan hutan. Agroforestri adalah pengelolaan hutan dalam bentuk sistem pertanaman yang memadukan kegiatan kehutanan, pertanian, dan peternakan sehingga tercapai optimalisasi penggunaan lahan. Terdapat suatu kombinasi dalam agroforestri antara lebah dan pohon yang disebut dengan apikultur. Budidaya lebah madu dapat dijadikan sebagai salah satu upaya rehabilitasi kawasan hutan,"ujar Rendi, Ketua PPK Ormawa, Selasa (11/10/22).


Selain itu, budidaya lebah madu juga dapat menjadi mata pencaharian alternatif masyarakat. Kegiatan budidaya lebah madu dapat menarik peran aktif masyarakat dalam melestarikan lingkungan hutan.(Wnr)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Budidaya Kebun Lebah, Mahasiswa Geografi Berdayakan Masyarakat

Terkini

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan