Iklan

Waspada DBD, Dinkes Mentawai Ajak Warga Tingkatkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat

Selasa, 18 Februari 2020, Februari 18, 2020 WIB Last Updated 2020-02-18T05:46:23Z
Jonni Asri Kabid. pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Mentawai

SASARAINAFM.COM │TUAPEIJAT  - Dalam rangka membasmi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jonni Asri mengimbau kepada masyarakat agar mengutamakan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) diantaranya dengan rajin melakukan goro bersih-bersih lingkungan.

"Mari kita menjaga sanitasi lingkungan tempat tinggal, menguras bak mandi, membersihkan tumpukan atau barang-barang rongsokan, meningkatkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dan mengikuti 7 pesan Sikerei," imbau Jonni di Tuapeijat, Selasa (18/2/2020).

Ia berpendapat bahwa pengaruh cuaca dan kondisi kepadatan penduduk juga dapat mempengaruhi penyebaran virus DBD.

"Beberapa waktu lalu sudah dilakukan fogging di area Sioban sesuai ketentuan yang berlaku. Tetapi fogging ini bukan solusi yang tepat. Harapan kita masyarakat lebih meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat sehigga dampak penularan DBD bisa menurun di tengah masyarakat, “ Ujarnya

Diketahui, sejak awal tahun 2020, penyakit demam berdarah dengue (DBD) telah menginfeksi sekira 23 warga di Kepulauan Mentawai yang umumnya adalah anak-anak di pulau Sipora.

Direktur RSUD kabupaten kepulauan Mentawai Jimmy Yul Ambarita mengatakan bahwa pasien tersebut  ada yang masih berstatus suspect dan sebagian confirmed DBD dengan grade 1 hingga 2 saja.

Adapun bentuk penanganan pihak RSUD Mentawai terhadap pasien DBD tersebut diantaranya dengan memberikan asupan cairan tubuh dan obat penurun panas jika masih demam. Beberapa anak sudah dinyatakan pulih dan diketahui kebanyakan yang terjangkit penyakit tersebut berada di area sekitaran Km.6-8 Sipora utara.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Waspada DBD, Dinkes Mentawai Ajak Warga Tingkatkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat

Terkini

iklan2

Iklan