Iklan

Persiapkan Transportasi Libur Akhir Tahun. Ini Yang Dilakukan Dishub Mentawai

Selasa, 16 Juli 2019, Juli 16, 2019 WIB Last Updated 2019-07-16T09:46:22Z
Kapal Simatalu dalam proses pemeliharaan di Galangan Kapal Sibolga
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT – Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Bidang Laut, Tahun 2019 ini akan melakukan perawatan ( docking ) secara bertahap lima kapal antar pulau, diantaranya Kapal Km.Simatalu, Km Beriloga, Lct.Bakat Menuang, Km.Simasin dan kapal Km.Nade.

Kepala Bidang Laut Dishub Mentawai Amrial menyebutkan saat ini sudah ada  salah satu kapal antar pulau sedang dalam proses pemeliharaan di Sibolga, Provinsi Sumatera Utara.

“ Dari lima kapal yang akan kita docking tahun ini, satu diantaranya sedang dalam proses yakni kapal Km.Simatalu. pemeliharaannya itu memakan waktu sampai 45 hari dan pada tanggal 21 Juli kapal Km.Simatalu sudah bisa dioperasikan lagi,” kata Amrial.

Lebih jauh Ia memaparkan bahwa pemeliharaan kapal antar pulau itu dilaksanakan secara bertahap agar pelayanan transportasi antar pulau tetap bisa berjalan dengan baik, dimana setelah kapal Km Simatalu, selanjutnya giliran Kapal Beriloga naik galangan, berikutnya Lct.Bakkat Menuang, Km.Simasin dan terakhir kapal Km.Nade.

“ Tahun ini kita melaksanakan pemeliharaan kapal, mulai dari penggantian beberapa bagian kapal yang tidak layak atau rusak, sampai kepada pengecatan kapal, untuk kapal Simatalu dikerjakan dalam bentuk kegiatan Pengadaan Lansung (PL) dengan anggaran mencapai Rp 150 Juta, Km. Nade dan Km. Simasin memakan biaya kurang lebih Rp 200 Juta dan masih dalam bentuk proyek Pl.

Sementara itu dua kapal lainnya akan dikerjakan dalam bentuk proyek tender atau melalui proses lelang, dimana masing-masing nilainya mencapai Rp 450 juta untuk kapal Lct Bakkat Menuang dan Km. Berilogga mencapai Rp 300 Juta. 

“ Harapan kita kegiatan ini bisa berjalan dengan lacar dan selesai sebelum liburan akhir tahun, agar pelayanan transportasi laut pada akhir tahun 2019 ini dapat berjalan seperti biasanya. Kalau soal kendala kita di Mentawai belum ada galangan kapal yang bisa mengambil tender pemeliharaan kapal, sehingga terpaksa harus melakuka docking di Sibolga,” pungkasnya. (Red).



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Persiapkan Transportasi Libur Akhir Tahun. Ini Yang Dilakukan Dishub Mentawai

Terkini

iklan2

Iklan