Iklan

Camat Sipora Utara Minta Kepala Desa Transparan Dalam Penggunaan Dana Desa

Jumat, 28 Juni 2019, Juni 28, 2019 WIB Last Updated 2019-06-27T17:14:50Z
Kecamatan Sipora Utara Gelar Bintek Bagi TPK
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Camat Sipora Utara- Kabupaten Kepulauan Mentawai Marsen minta para kepala desa dan jajaran Tim Pengelola Kegiatan (TPK) di desa bertanggung jawab dan transparan dalam menggunakan dana desa.

Untuk mewujudkan tanggung jawab secara transparan dalam penggunaan dana desa itu, Marsen juga berharap agar kepala desa dan TPK bisa memahami secara teknis sebelum melakukan kegiatan pembangunan di desa.

"sebelum memulai kegiatan yang terkait pembangunan di desa,  kawan-kawan TPK perlu diberi pembekalan. Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, agar   kwalitas serta kwantitas hasil pekerjaan bisa tercapai dengan baik dan bisa selesai tepat waktu, karena kegiatan pembangunan dengan dana desa harus dipertanggung jawabkan secara transparan " kata Marsen pada pembukaan pelatihan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Tuapejat di Aula pertemuan sekretariat Desa setempat, Kamis, (27/6/2019).

Marsen berharap TPK  Desa Taupeijat yang mengikuti pelatihan mampu memahami konsep yang  telah dipaparkan narasumber agar dalam melaksanakan  kegiatan  sesuai dengan aturan yang mengacu pada  RAB yang ada.

Lebih lanjut ia menegaskan, apabila TPK menyalahi aturan, maka  TPK bersangkutan harus mampu mempertanggung jawabkannya.

Ia berharap, Kepala Desa dan TPK serta pekerja harus membuat surat pernyataan sebelum melaksanakan kegiatan agar pekerjaan yang dilaksanakan bisa dipertanggung jawabkan.

"kepala desa dan TPK serta pekerja harus membuat sebuah  surat pernyataan. Jadi kalau ada masalah dalam pelaksanaan kegiatan mereka bisa mempertanggung jawabannya" imbuhnya.

Senada dengan Marsen, Kepala Desa Tuapeijat, Pusuibiat T. Oinan  juga menyatakan hal yang sama. Dia menyebutkan  pelatihan TPK yang dilaksanakan  merupakan bentuk tranparansi kepada masyarakat dalam penggunaan dana desa.

"jadi pelatihan ini juga merupakan bentuk transparansi kita kepada masyarakat dalam penggunaan dana desa" ujarnya.

Pusuibiat merinci titik pelaksanaan pembangunan fisik yang akan dimulai pengerjaannya pada awal Juli 2019 mendatang yakni pembangunan 4 unit jalan rabat beton di dusun kampung lingkungan SD Negeri 13 Tuapeijat, jalan lingkungan di dusun Tuapeijat, jalan di gang mekar dusun Karoniet dan jalan lingkungan sekolah MTSN di dusun Turonia.

Selain pembangunan jalan, pembangunan fisik pada tahap 1,  juga akan di bangun 1 unit  Drainase  di dusun Mapadegat, 1 unit plat duiker di dusun kampung serta pembuatan tutup U Ditch  di dusun Camp. (Nbl)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Camat Sipora Utara Minta Kepala Desa Transparan Dalam Penggunaan Dana Desa

Terkini

iklan2

Iklan