Iklan

BPBD Mentawai Masih Butuhkan Sarana dan Personil

Jumat, 10 Mei 2019, Mei 10, 2019 WIB Last Updated 2019-05-10T08:45:14Z
Simulasi Kesiapsiagaan Bencana digelar BPBD Mentawai Beberapa Waktu Lalu

mentawaikab.go.id, Tuapejat- Sebagai salah satu daerah yang dikenal rentan terhadap bencana, terutama bencana gempa dan tsunami, tapi ternyata BPBD Mentawai  sebagai badan yang mempunyai tugas terdepan dalam penanggulangan bencana di daerah yang disebut Bumi Sikerei ini masih kekurangan sarana dan personil..

Kepala Pelaksana BPBD Mentawai Novriadi mengakui lembaga yang dipimpinnya sampai saat ini masih banyak kekurangannya, baik kekurangan dari sarana maupun personil. “ Personil dan sarana kita masih minim, alat komunikasi radio yang kita punya juga masih terbatas,” Ujar Novriadi di Tuapejat.

Menurut Novriadi dari sepuluh kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai belum bisa terakses secara merata meski tower-tower radio sudah ada di beberapa titik. “karena keterbatasan repeater kita, di samping tenaga juga terbatas, sebenarnya masing-masing Kecamatan menyiapkan tenaga operator untuk menggunakan sarana-sarana yang tersedia, sehingga mereka bisa melaporkan situasi dan kondisi kebencanaan yang terjadi,” ungkap Novriadi..

Untuk melengkapi sarana itu, kata Novriadi pihak BPBD Mentawai juga sudah mengusulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk membantu memperbanyak repeater radio di Mentawai, sehingga tidak perlu menopang dengan daerah lain.

Tak hanya itu, tenda-tenda juga masih kurang, namun BPBD Mentawai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sudah mengajukan usulan untuk bantuan tersebut, yang menjadi kendala lagi biaya angkutnya dari pusat ke Mentawai. Meski begitu, masyarakat dihimbau agar tetap meningkatkan kesiapsiagaan, dan tetap waspada. (suntoro)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPBD Mentawai Masih Butuhkan Sarana dan Personil

Terkini

iklan2

Iklan