Iklan

Rangkaian TMMD Ke-104, Kodim 0319 Mentawai Gelar Penyuluhan Kesehatan

Minggu, 03 Maret 2019, Maret 03, 2019 WIB Last Updated 2019-03-03T06:26:14Z
Siswa SMA Plus Setia Ikuti Penyuluhan Kesehatan

SASARAINAFM.COM, SIDO MAKMUR — Dalam rangka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Satgas TMMD bersama Puskesmas Mapadegat, gelar penyuluhan kesehatan di SMA Setia, Desa Sido Makmur, Kecamatan Sipora Utara, Rabu (27/02).

Kegiatan penyuluhan kesehatan kali ini, Satgas TMMD memberikan penyuluhan terkait penyakit kurang darah atau yang disebut juga dengan anemia, penyakit ini tidak boleh disepelekan, karena menyangkut stamina seseorang dan termasuk salah satu penyakit yang paling sering terjadi di Masyarakat.

Untuk mencegah itu semua, sejumlah pelajar dari SMA Setia, Desa Sido Makmur atau SP 2, Kecamatan Sipora Utara, dibekali tentang pengetahuan bahaya penyakit kurang darah tersebut dan cara mencegahnya. .

"Kami bekerjasama dengan Kodim 0319/Mentawai dalam rangka TMMD ke 104, untuk memberikan penyuluhan kesehatan. Ini penting untuk dilakukan mengingat lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia terkena anemia. Artinya, satu dari lima orang beresiko terkena penyakit anemia," kata penyuluh dari Puskesmas Mapadegat dr Manimbang Halomoan, Rabu, (27/02).

Menurutnya Manimbang, pada umumnya penyakit anemia ini menyerang kaum perempuan yang sudah dewasa. Pasalnya, wanita akan terus mengalami menstruasi dimana cukup banyak darah yang keluar tergantung hormon dari seseorang tersebut.

"Nah, cara mencegah anemia ini, Mereka (kaum hawa - red) harus bisa mengatur pola makan dengan baik dan rutin berolahraga agar tetap fit, meskipun sedang mengalami menstruasi atau pendarah habis melahirkan," imbuhnya.

Selain memberikan penyuluhan, sejumlah pelajar di sekolah tersebut juga diberikan obat-obatan berupa tablet zat besi untuk mereka konsumsi sebagai suplemen penambah darah. (red).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rangkaian TMMD Ke-104, Kodim 0319 Mentawai Gelar Penyuluhan Kesehatan

Terkini

iklan2

Iklan