Iklan

Kepala BNPB Minta Pemda Mentawai Adakan Simulasi Setiap Resort di Pulau.

Kamis, 07 Februari 2019, Februari 07, 2019 WIB Last Updated 2019-02-07T09:20:28Z


Kepala BNPB Letjen TNI AD. Doni Manardo, Didampingi Bupati Mentawai Yudas Sabaggale beserta Rombongan Lainnya berkunjung ke Resort Aloyta di Simakakang.
SASARAINAFM.COM, Tuapejat_ Kepala Badan Nasional Penenggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI AD Doni Manardo meminta  kepada Pemda Mentawai agar melakukan simulasi penyelamatan terhadap setiap resort dan masyarakat yang berada di pulau.

Hal ini disampaikan Doni Manarko pada saat melakukan peninjauan di pulau Makakang, didampingi Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, Forkopimda, dan rombongan lainya, Rabu (6/02/19).

“Pemerintah harus melindungi  masyarakat termasuk resort dan wisatawan yang berkunjung di mentawai, jadi bagaimana masyarakat kita yang ada di pulau termasuk wisatawan untuk menyelamatkan diri ketika terjadi bencana, disini harus ada simulasi, ini tugasnya Pemda setempat dan bekerja sama dengan Lantamal unit Tuapejat dan Dinas Terkait”.Ungkapnya..

Lanjutnya “hal tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi gempa yang berpotensi Tsunami pada saat wisatawan sedang beraktivitas, harus jelas mitigasi bencana tsunami mengingat kecepatan gelombang Tsunami yang hanya hitungan detik”.

Himbauan kepada masyarakat agar merawat pohon yang tumbuh disepanjang pesisir pantai, tidak boleh menebang pohon sembarangan. 

“masyarakat tidak boleh menebang pohon  sembarangan, termasuk hutan bakau (mangrove) ditepi pantai, menghindari abrasi pantai karena akar dari pohon tersebut memperkuat tanah, serta akan membantu mengurangi derasnya laju tsunami”

 Kepala BNPB akan programkan, kedepan terjunkan Tim BNPB bekerjasama dengan Pemda Mentawai untuk melakukan simulasi penyelamatan penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan, sekaligu pembibitan dan penanaman pohon pilihan .(SS)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kepala BNPB Minta Pemda Mentawai Adakan Simulasi Setiap Resort di Pulau.

Terkini

iklan2

Iklan