Iklan

KPU Mentawai Imbau Parpol Peserta Pemilu 2019 Sampaikan Laporan Dana Kampanye

Senin, 17 Desember 2018, Desember 17, 2018 WIB Last Updated 2018-12-17T08:09:08Z
Bintek Fasilitasi Penyusunan LPSDK diadakan KPU Mentawai di Tuapejat


SASARAIANFM.COM, TUAPEJAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai menghimbau peserta pemilu 2019 untuk segera menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK), paling lambat tanggal 2 Januari 2019 pukul 18.00 wib.

" kami  berharap semua parpol agar menyampaikan LPSDK sampai waktu yang telah ditentukan " kata komisioner KPU Mentawai Iswanto JA pada acara Bimbingan Teknis (Bintek) Fasilitasi Penyusunan LPSDK yang digelar di Tuapejat, Senin, (17/12)  

Jika terlambat, lanjut Iswanto, peserta pemilu memang tidak akan  dikenai sanksi, namun nama - nama parpol yang belum menyampaikan LPSDK ke KPU, akan dipublikasikan melalui media..

"sanksi berat tidak ada. Tapi ini akan menjadi beban moral bagi parpol itu sendiri, karena setelah tanggal 2 Januari hasilnya akan kita sampaikan ke media" jelasnya.

Tak hanya LPSDK, Iswanto juga mengimbau kepada peserta pemilu 2019 untuk tepat waktu menyerahkan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK), paling lambat 8 hari usai pemilu yakni tanggal 25 April 2019.

Jika terlambat menyerahkan LPPDK ke KPU, maka peserta pemilu yang menang  dapat dikenai sanksi berupa tidak ditetapkannya caleg bersangkutan sebagai calon terpilih.Hal itu tertuang pada PKPU nomor 34 tahun 2018 tentang dana kampanye pemilu.

"jadi jangan sampai sejarah lama terulang kembali di Mentawai. Gara-gara belum melaporkan LPPDK calon terpilih gagal dilantik " tuturnya.

Lebih lanjut Iswanto menjelaskan, ada pun cakupan informasi LPSDK yakni Saldo, rincian perhitungan penerimaan yang diperoleh, penerimaan sumbangan yang bersumber dari peserta pemilu atau pihak lain dan NPWP masing-masing peserta pemilu. (Nbl)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Mentawai Imbau Parpol Peserta Pemilu 2019 Sampaikan Laporan Dana Kampanye

Terkini

iklan2

Iklan