Iklan

Eki Butman : 7.955 Pemilih Potensial Non KTP_El Bukan Pemilih Siluman

Selasa, 13 November 2018, November 13, 2018 WIB Last Updated 2018-11-13T08:59:15Z

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Ketua KPU Mentawai Eki Butman menyebutkan bawah 7.955 data pemilih potensial di Kepulauan Mentawai bukanlah merupakan pemilih Siluman, namun data tersebut merupakan turunan dari Data Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dan menyandingkannya dengan data Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).

Hal itu ia kemukakan saat menanggapi pertanyaan dari sejumlah Parpol tentang asal munculnya data pemilih potensial tersebut pada Rapat Pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) II, pada Selasa (13/11) di Hotel Jelita Jalan Raya Tuapejat Km 0.

"Kalau kita menyandingkan data pemilih 56.206 dengan data wajib KTP-el dari Dukcapil 57.000 jadi selisinya hanya seribuan lebih, namun dari tanggapan masyarakat terhadap hasil DPTHP I ditemukan DP4 dari Kemandagri tercatat 31 juta pemilih potensial non KTP-el di Indonesia dan di Mentawai tercatat 7.955 dan belum melakukan perekaman KTP-el, " terang Eki Butman..

Adapun rincian data pemilih potensial dari 10 Kecamatan dan 43 Desa yang tersebar di Kepulauan Mentawai pemilih diantaranya Pagai Utara 865, Sipora Selatan 672, Siberut Selatan 424, Siberut Utara 920, Siberut Barat 757, Siberut Barat Daya 451, Siberut Tengah 727, Sipora Utara 1.475, Sikakap 666 dan Pagai Selatan 998. Dari Total data potensial laki-laki 3.765 dan perempuan 4.186.

"Data-data ini nanti akan kita telusuri kebenarannya, apa betul mereka ini orang Mentawai, jika ditemukan atau jika ada yang melakukan perekaman E-KTP, maka yang bersangkutan akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), sementara DPTHP II ini kita tetapkan sebanyak 56.206 pemilih, hari rabu besok kita akan melakukan rapat pleno DPTHP II tingkat provinsi, kalau diperintahkan lagi untuk melakukan perbaikan maka kita lakukan lagi DPTHP yang ke III, " paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya data potensial yang belum terdaftar di Dukcapil tersebut tidak serta merta dihilangkan begitu saja, namun akan disimpan dalam Database KPU

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil) Kepulauan Mentawai Tarsicius Sakeru mengatakan data-data pemilih potensial tersebut memang merupakan penduduk baru yang belum melakukan perekaman E-KTP..

"Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan dalam hal ini perekaman E-KTP, kalau tidak, maka, dipastikan pemilih potensial ini tidak bisa ikut serta menyumbangkan suaranya, " paparnya.

Sementara itu untuk mengejar target perekaman e-KTP di Kepulauan Mentawai pihak Disdukcapil terkendala dengan anggaran untuk turun ke lapangan menjemput data tersebut.

Hadir dalam rapat tersebut Ketua KPU Mentawai Eki Butman beserta jajaran komisioner lainnya, Kadis Dukcapil Mentawai Tarsicius Sakeru dan sejumlah perwakilan dari partai politik di Kepulauan Mentawai. (Red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Eki Butman : 7.955 Pemilih Potensial Non KTP_El Bukan Pemilih Siluman

Terkini

iklan2

Iklan