Iklan

Lomba Perahu Layar Tradisional Semarakkan HUT Kabupaten Mentawai Ke-19 Tahun

Senin, 01 Oktober 2018, Oktober 01, 2018 WIB Last Updated 2018-10-01T06:11:58Z
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Mentawai yang ke-19 Tahun, Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Dinas Perikanan Mentawai menggelar lomba perahu layar tradisional Mentawai. 

Pelaksana kegiatan tersebut dikoordinir oleh komunitas surfing Tuapejat Ag"gau Board Riders, dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Jumat hingga Minggu (27-29/09) diselenggarakan di Pantai Dusun Jati, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. 

Kegiatan tersebut disponsori oleh Bank Nagari, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat indonesia (BRI), Pengusaha Kapal MV Mentawai Fast dan PT. Mega Asri Cemerlang, Tim SAR Mentawai dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake pada saat sambutannya sekaligus membuka acara tersebut pada Jumat sore (27/09), mengucapkan terima kasih kepada penguasa, Perbankan, instansi terkait serta tim yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. 

Ia menyebutkan kegiatan tersebut mengingatkan Mentawai pada 19 Tahun kebelakang, dimana transportasi darat dan Pembangunan infrastruktur laut yang tidak memadai. Perahu layar merupakan transportasi laut masyarakat Mentawai pada puluhan tahun yang lalu, sebelum masyarakat Mentawai mengenal dan memiliki mesin tempel. 

"Dahulu kala, jika ada masyarakat Mentawai yang memiliki perahu layar, itu sudah merupakan suatu kebanggaan, karena tidak semua orang yang memiliki perahu layar, karena untuk mendapatkan bahan yang digunakan membuat layar masih susah dan yang membuat sampan juga orang-orang tertentu, " ungkapnya. 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perhubungan yang juga merupakan Plt.Kepala Dinas Perikanan Mentawai Edi Sukarni, Perwakilan dari beberapa sponsor serta seluruh peserta selaju perahu layar tradisional Mentawai, tidak hanya tim laki-laki, tim wanita juga turut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut. (Red)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lomba Perahu Layar Tradisional Semarakkan HUT Kabupaten Mentawai Ke-19 Tahun

Terkini

iklan2

Iklan