Iklan

Harga Cabe Rawit Melonjak di Tuapejat, Sekda Mentawai Perintahkan Dinas Pertanian Menampung Hasil Panen Lokal.

Selasa, 09 Juli 2024, Juli 09, 2024 WIB Last Updated 2024-07-09T09:26:32Z


Sekretaris Daerah Martinus Dahlan saat lakukan Inpeksi Mendadak ( Sidak ) dibeberapa Warung di Tuapejat, Selasa ( 9/7).
 

Sasarainafm.com | Tuapejat- Pedagang kebutuhan bahan pokok di Tuapejat bersedia menampung hasil panen lokal masyarakat. hal tersebut ditegaskan Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan saat melakukan Inspeksi Mendadak ( Sidak ) di beberapa warung dan kedai penyedia bahan pangan di Tuapejat, Selasa ( 9/7).


Menurut Martinus para pedagang di pasar ibu atau yang berada diseputaran Tuapejat sebenarnya bersedia untuk menerima hasil panen masyarakat khususnya untuk komoditas panen sayuran dan cabe namun banyak para petani yang menjajakan hasil panennya secara berkeliling.


“ hasil komoditi para petani sebenarnya bisa dititipkan kepada para pedagang disini, dan mereka tadi sudah menyatakan bersedia untuk menerima titipan hasil panen tersebut untuk di jual,” kata Martinus. 


Lebih lanjut dikatakannya secara umum harga kebutuhan bahan-bahan pokok di Mentawai khususnya di Tuapejat masih terlihat stabil, namun ada beberapa harga pangan seperti cabe rawit  yang mengalami lonjakan harga, sebesar Rp. 55.000 per kilogram, hal ini terjadi kata Martinus karena kurangnya pasokan.




“ ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang memicu terjadinya inflasi, seperti  cabe, bawang, beras, minyak goreng, telur. Nah, ini bisa ditutupi dengan hasil panen petani lokal yang bersedia memasarkan hasil panennya di pasar,” ujarnya.

Menyinggung harga Beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) di Mentawai yang tidak sama, Martinus memerintahkan pihak dinas Perindagkop dan dinas terkait lainnya agar segera melakukan pemantauan untuk menyepakati harga yang sudah ditentukan.


“ makanya kita cek dan tidak boleh melebihi harga yang sudah kita tentukan.’’ Pungkasnya. {Md}.




 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Harga Cabe Rawit Melonjak di Tuapejat, Sekda Mentawai Perintahkan Dinas Pertanian Menampung Hasil Panen Lokal.

Terkini

iklan2

Iklan