Iklan

Pemkab Mentawai Teken Mou dengan Universitas Negeri Padang (UNP)

Kamis, 14 Maret 2024, Maret 14, 2024 WIB Last Updated 2024-03-14T07:10:53Z

Pemkab Mentawai dan UNP lakukan Penandatangan MOU di Aula Bapedda, Rabu ( 13/03)


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Sinergitas dengan perguruan tinggi untuk peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah terus digenjot Kabupaten Kepulauan Mentawai. Hal itu dibuktikan dengan Memorandum of Understanding atau MoU (perjanjian antara dua pihak) UNP dan Pemkab Mentawai pada Rabu (13/03/) di Aula Bapedda Km 4 Sipora Utara.

Penandatangan MoU itu dilakukan langsung oleh Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak dengan Rektor UNP Prof Ganefri yang juga di hadiri oleh ketua DPRD Mentawai, Forkopimda, para kepala OPD, pimpinan UNP lainnya serta beberapa Kepala Desa.


Fernando dalam sambutannya mengatakan untuk pembangunan Pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan SDM di Mentawai tidak terlepas keberadaan Universitas itu sendiri serta membutuhkan Peningkatan Kompetensi salah satunya adalah melalui Pendidikan tinggi walaupun menurutnya untuk mengakses itu sangat sulit dan memberatkan orangtua apalagi Mentawai jauh dari perkotaan.


“ bapak ibu sekalian, Prof, bapak rektor kami ingin menyampaikan bahwa ada 1.300 lulusan SLTA dan Pegawai-pegawai yang ada dilingkungan Pemkab Kepulauan Mentawai, ini membutuhkan Peningkatan Kompetensi salah satunya melalui Pendidikan tinggi, kami menyadari untuk mengakses Pendidikan tinggi bagi masyarakat dan juga pegawai kalau harus keluar dari Kepulauan Mentawai secara pembiayaan ini cukup memberatkan.’’ Ucapnya.


Lanjut Fernando,  Kabupaten Kepulauan Mentawai mempunyai satu Kampus yaitu Akademi Komunitas Negeri  (AKN) Mentawai terus berupaya untuk lebih eksis dan bisa menyelenggarakan kegiatan pendidikannya walaupun tersendat. Menurutnya Pemkab Mentawai tetap akan Berusaha bagaimana AKN ini tetap berlangsung.


“ memang ada Akademi Komunitas Mentawai Prof, namun kami terus berupaya untuk lebih eksis lagi dan bisa menyelenggarakan kegiatan pendidikannya, walaupun berjalan tertatih-tatih tapi bagaimana bisa terus berlangsung.’’ Ujarnya.


Fernando menambahkan terkait dengan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), dimana salah satu persyaratannya harus menghibahkan lahan dan bangunan kepada UNP, sehingga program persiapan data ini bisa di tindaklanjuti.




“ Saya berharap proses ini Prof, bisa cepat dan tidak berlama lama, mudah mudahan tahun ini bisa berjalan.’’ Harapnya Fernando.


Sementara Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan ini merupakan sejarah bagi UNP untuk ikut membantu membangun Kabupaten  Kepulauan Mentawai yang saat ini dari 19 Kab/ Kota yang ada di Sumatera barat berada di Posisi 3T dan perlu ada perhatian khusus.


“ kemarin pak bupati menyampaikan indek pembangunan manusia Kabupaten Kepulauan Mentawai walaupun ada kenaikan signifikan tetapi tetap masih berada diposisi paling bawah di sumatera barat, oleh sebab itu salah satu upaya kita untuk meningkatkan ini tentu adalah melalui sektor Pendidikan.’’jelasnya.


Prof Ganefri menyampaikan tujuannya datang ke Kabupaten Kepulauan Mentawai yaitu melakukan MOU dengan Pemkab Kepulauan Mentawai dalam rangka UNP akan membuka program studi kampus utama dan diluar kampus utama artinya UNP akan membuka kampus cabang khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai, kemudian pihaknya memberi kesempatan masyarakat Mentawai khususnya anak-anak Mentawai tamatan SLTA pada tahun ini untuk mengikuti ujian tulis berbasis komputer serta bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri di Kepulauan Mentawai. 


“ Mudah-mudahan ini bisa terwujud kalau kita gerak cepat tetapi saya yakin Pemkab Mentawai siap dan tinggal action kita semua. Kalau memang ini actionnya bisa segera semester Juli-Desember 2024 ini kita bisa menerima mahasiswa baru di Kepulauan Mentawai.’’ ujarnya. {Md}

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Teken Mou dengan Universitas Negeri Padang (UNP)

Terkini

iklan2

Iklan