Iklan

Kajati Sumbar Sharing Session Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkup Pemkab Mentawai

Selasa, 05 Maret 2024, Maret 05, 2024 WIB Last Updated 2024-03-05T13:06:35Z

Pemkab Mentawai Sharing Session Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Era Digital bersama Kajati Sumatera Barat Asnawi, S.H.,M.H


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT-  Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Barat, Asnawi, SH, MH melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan di sambut langsung oleh Sekretaris Daerah (sekda) Mentawai Martinus Dahlan beserta unsur Forkopimda dan jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mentawai, di Dermaga pelabuhan Tuapeijat km0, Senin (04/03/2024).


Asnawi mengatakan Kedatangan Kajati dalam rangka Sharing Session terkait pengadaan barang dan jasa Pemerintah Daerah di era Digital sekaligus memberikan pengarahan kepada kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Mentawai beserta jajaran agar tidak terjadi tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme.


“Pengadaan barang dan jasa merupakan aspek penting dalam penyelenggaraan pemerintah. Demi jalannya roda pemerintahan dengan menerapkan prinsip efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil, tidak diskriminatif dan akuntabel.’’ Ujar Asnawi saat sharing session kepada Asn dilingkup Pemkab Mentawai.


Asnawi menjelaskan seluruh proses pengadaan barang dan jasa dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan tidak adanya kecurangan, dapat membawa manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat.


“ sesuatu yang kita lakukan itu sudah ada regulasi yang ada, sudah ada aturan dan tinggal bagaimana kita melanggar aturan atau mau mengikuti aturan, disitu aja poinnya, tetapi kalau kita mengikuti aturan yang sudah ada insyallah semuanya bisa berjalan dengan baik.’’ Sambungnya.


Ia juga mengatakan dalam hal pengadaan barang dan jasa, yang menurutnya ranah paling banyak terjadi tindak pidana disetiap Lembaga Kementerian ataupun satker  khususnya di Organisasi Perangkat Daerah. Menurutnya sebagus apapun regulasi dan sebagus apapun program yang dibuat sepanjang kata hati tidak mau berubah, maka mindset itu tidak akan bisa dirubah.


Asnawi menambahkan salah satu kunci yang bisa membuat semua pekerjaan bisa berhasil dan maksimal tergantung sejauh mana bisa bekerja dengan baik. dan ia mengingatkan seluruh OPD agar tertib dalam hal pengadaan barang dan jasa.


“ sebenarnya tidak susah, tidak perlu ada suatu Pendidikan khusus dan kita terlalu mengada-ngada, tinggal kita bagaimana menyikapi, mau tidak kita melaksanakan amanah ini dengan baik, ini kan ada uang negara, lalu uang negara lari ke kita nanti dari kita kemasyarakat, dan ada tidak niat kita mindset kita, pola pikir kita, otak yang ada dalam pikiran kita itu untuk membuat agar amanah.” Tegasnya.


Ia juga menyebutkan Kabupaten Kepulauan Mentawai juga bukan daerah yang rawan korupsi dan berharap dengan kerjasama dengan Kejaksaan dalam rangka mendampingi dan mengawal setiap proses sehingga kedepan bisa bersama-sama bersinergi agar tidak terjadi tindak pidana korupsi.


Sementara Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Martinus dahlan menyampaikan kepada Aparatur Sipil Negara di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai agar mengikuti Sharing Session pengadaan barang dan jasa khususnya di era digital ini terutama menyangkut persoalan-persoalan pengadaan barang dan jasa Pemerintah baik di proses Pengadaan maupun pada saat serah terima pekerjaan serta bagaimana menertibkan aset-aset atau barang-barang di Lingkup Daerah ataupun Negara yang diadakan melalui penyediaan uang baik dalam APBD maupun tahap APBN.


“ Bapak ibu silahkan tanya jawab dan sharing Session disini, terutama pimpinan OPD dan pelaksana kegiatan, karena ini momen yang sangat penting bagi kita.’’ Ungkapnya.


Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok menyatakan dimomen kunjungan Kajati ini agar dimanfaatkan dengan baik, terutama Sharing Session Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Era Digital agar kedepan tidak salah mengambil keputusan.


“ bapak ibu, dengan kedatangan bapak kajati, momen ini mari kita manfaatkan dengan baik agar kedepan tidak salah mengambil keputusan. Mumpung pak kajati ada, rombongan ada dan ibu kajati pun ada, tentu ini kita harus terbuka berdialog dan berdiskusi membuka diri, apa kekurangan kita, harus kita sampaikan disini.’’ Ujarnya. {Md}.

 

 

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kajati Sumbar Sharing Session Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkup Pemkab Mentawai

Terkini

iklan2

Iklan