Iklan

Kajati Sumbar didampingi Sekda Mentawai Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Selasa, 05 Maret 2024, Maret 05, 2024 WIB Last Updated 2024-03-05T13:05:30Z

Penanaman Bibit Cabe di Lahan Pondok Pesantren Hidayatullah bersama Sekda Mentawai, Dandim, Kajati Sumbar  dan Dinas Pertanian



SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Dalam meningkatkan sinergi dan komitmen bersama dalam menjaga dan menekan inflasi, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Kajati Sumbar)  Asnawi, S.H.,M.H didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan lakukan gerakan menanam 6.800 bibit cabe seluas 1 Hektar di pondok pesantren Hidayatullah km 8 Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara, Selasa (05/03).

 

Asnawi mengatakan, kegiatan ini merupakan gerakan penanaman Satu Hektar cabe bersama Kelompok Tani Binaan Kejaksaan Negeri Mentawai dan gerakan tanam cabai yang dilakukan bertujuan agar dapat menopang pertubuhan ekonomi dan meningkatkan daya minat beli masyarakat sekaligus menjaga kebutuhan masyarakat khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan berharap gerakkan tanaman cabai ini tidak hanya sekedar seremonial saja, namun kiranya dapat terus berlanjut sehingga dapat menghasilkan produksi cabai yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

“Mudah-mudahan di langka awal ini menjadi kesempatan untuk kita berkarya dan semoga hasilnya ini bagus dan terus dikembangkan serta kegiatan ini bukanlah langkah awal tapi masyarakat harus cinta bercocok tanam dan gerakan tanam cabai kita lakukan ini hendaknya tidak hanya berhenti di saat ini saja, akan tetapi gerakan ini dapat terus berlanjut.’’ Ujarnya.

 

Sementara itu, Sekda Martinus Dahlan mengungkapkan gerakan tanam cabai yang dilakukan ini dalam rangka sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga pasokan atau ketersediaan khususnya komoditi cabai sekaligus dalam rangka menekan laju inflasi daerah.

 

Ini langkah awal kita menanam memberikan contoh kepada masyarakat untuk menanam cabe. Saat ini cabe mengalami kenaikan harga, maka dari itu gerakan menanam cabe harus digerakkan agar bisa mendukung program ketahanan pangan sekaligus ini upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga pasokan atau ketersediaan dalam menekan laju inflasi didaerah,” ucap martinus.


Ia juga berharap kegiatan penanaman satu Hektar Cabai ini harus menjadi percontohan dimasyarakat sehingga menimbulkan rasa semangat masyarakat untuk bercocok tanam.


“Semoga dapat bertumbuh dengan baik apa yang ditanam hari ini dan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat Mentawai, lahan penanaman cabe satu hektar ini kita harapkan dapat berhasil dan Untuk memaksimalkan itu, penyuluh serta Dinas Pertanian harus terus melakukan pendampingan untuk pengolahan lahan yang ditanami saat ini, sehingga nantinya mendapatkan hasil yang bagus,” ujar Martinus.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Hatisama Hura mengatakan tidak hanya penanaman cabai tetapi juga bibit jagung akan dilakukan di lahan perkebunan Panti Asuhan Kaum 1 Hektar dan beberapa kelompok-kelompok Petani yang telah diusulkan di Provinsi agar apa yang diharapkan bisa terlaksana dengan baik.


“ di kaum 1 hektar dan ada beberapa juga kelompok tani yang kita usulkan diprovinsi, dan begitu juga jagung, semoga apa yang kita harapkan bisa terlaksana dengan baik.’’ Ungkapnya. {Md}.

 

 

 

 

 

 

 

 



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kajati Sumbar didampingi Sekda Mentawai Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Terkini

iklan2

Iklan