Iklan

KPU Mentawai Kembali Sosialisasikan Tahapan Kampanye Pemilu Serentak Bersama Insan Pers.

Kamis, 21 Desember 2023, Desember 21, 2023 WIB Last Updated 2023-12-21T02:05:26Z

Ketua KPU Mentawai Saudara Halomoan Pardede ( Baju Hitam ) saat menggelar pertemuan bersama insan pers di Tuapejat, Rabu (20/12)



SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai terus menggandeng para insan pers yang bertugas di wilayahnya guna melakukan sosialisasi tahapan Pemilu tahun 2024 ke masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di Kantor KPU Km 7 Sipora Utara, Rabu ( 20/12).


Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Saudara Halomoan Pardede mengatakan media atau pers memiliki peran yang sangat penting terhadap penyelenggaraan pemilu, demikian juga di Pemilu tahun 2024. 

Menurut Halomoan, sebagai penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu sudah mempersiapkan diri dengan baik, namun tetap membutuhkan dukungan dan peran aktif dari pers.


" Jadi kami berharap kepada teman teman jurnalis ikut berperan aktif mengawasi kegiatan kampanye baik kampanye yang sekarang sedang berlangsung supaya tahapan kampanye ini bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan.’’ Ujarnya.


Meski kondisi geografis di Mentawai sulit, namun kata Halomoan, sosialisasi tahapan Pemilu, sampai pada pelaksanaan Pemilu diyakini akan berjalan dengan baik, apalagi ada dukungan dari awak media dengan  jaringannya  untuk memantau, mengawasi tahapan-tahapan kampanye yang dilaksanakan oleh para peserta caleg yang melakukan kampanye.


“ sosialisasi ini sangat strategis kami lakukan khususnya dengan mengundang teman teman jurnalis, karna jurnalis adalah garda terdepan yang bisa memberikan pembelajaran, mensosialisasikan ini kepada seluruh masyarakat.’’ tambahnya.



Halomoan menyebutkan Pemilu tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya kerja sama dengan insan pers. Karenanya, keberadaan media ini di rangkul untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu yang baik dan benar, serta menekan berita hoaks.


Diakhir penjelasannya Halomoan menambahkan bahwa kegiatan digelarnya tersebut merupakan bentuk sinergitas antara KPU dengan insan pers dalam rangka penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selain menyebarluaskan informasi tentang pemilu dan politik, keberadaan insan pers juga sebagai alat filter untuk menyaring berita-berita hoaks yang dapat memicu terjadinya konflik politik di masyarakat.


Sementara Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, KPU Mentawai, Eki Butman, S,Hut mengatakan berdasarkan PKPU 15 perubahan dari PKPU 20 terkait tahapan kampanye beserta alur kebijakan dari kampanye itu sendiri, KPU telah menetapkan masa kampanye yang dimulai pada tanggal 28 November- 10 Februari 2024. Pada masa kampanye lebih kurang 75 hari ada beberapa hal yang diatur, baik metode kampanye yang bisa dilakukan selain dari rapat umum, karena menurutnya rapat umum periodenya dimulai pada tanggal 21 januari- 10 februari 2024 yang disebut kampanye akbar. 


“ terkait pertemuan terbatas atau tatap muka, pemasangan APK dan penyebaran bahan kampanye, itu bisa dilakukan di masa kampanye yang dimulai pada tanggal 28 november yang lalu. Untuk itu KPU Mentawai telah melakukan berbagai langkah dan persiapan baik itu mengedukasi, pertemuan dan rakor dengan parpol terkait bagaimana mekanisme kampanye itu sendiri, berdasarkan peraturan PKPU dan kampanye.” Terangnya.


Eki menyebutkan KPU telah mengeluarkan SK No. 85 tahun 2023 terkait lokasi pemasangan titik APK dan lokasi pelaksanaan rapat umum. 


“ bapak ibu jurnalis untuk APK secara sekilas kami sampaikan bahwa  ada 4 lokasi yang dilarang pemasangan APK diantaranya rumah ibadah, Gedung pemerintahan, gedung pendidikan, dan fasilitas umum lainnya. APK ini adalah baliho, umbul-umbul dan spanduk dan disini juga kita atur APK ini dipasang 2 Meter dari badan jalan sehingga harapannya kita adalah tidak mengganggu pejalan .” Terangnya. {Md}.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Mentawai Kembali Sosialisasikan Tahapan Kampanye Pemilu Serentak Bersama Insan Pers.

Terkini

iklan2

Iklan