Iklan

Cegah Pelanggaran Pemilu di Tahapan Logistik, Bawaslu Mentawai Gelar Rakor

Kamis, 14 Desember 2023, Desember 14, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T03:08:23Z


Bawaslu Mentawai Gelar Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Penanganan Tahapan Logistik Pada Pemilu Tahun 2024, di hotel Graha Viona KM. 6 Sipora Utara, Rabu (13/12).


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT-  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Penanganan Tahapan Logistik Pada Pemilu Tahun 2024, di hotel Graha Viona KM. 6 Sipora Utara, Rabu (13/12).

Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Mentawai,  Nasrullah, S.Pd mengatakan tahapan logistik  merupakan tahapan yang rawan terjadinya Pelanggaran Pemilu, oleh sebab itu kata Nasrullah Bawaslu bersama dengan jajaran sekretariat Pengawas Pemilu Kecamatan perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk melakukan pencegahan, pengawasan dan penanganan pelanggaran pada tahapan logistik. 


Menurut Nasrullah, digelarnya Rakor juga untuk memberikan pemahaman terhadap mekanisme pencegahan, pengawasan dan penanganan dugaan pelanggaran pada masa tahapan logistik pemilu tahun 2024.


" Sekarang sudah beberapa logistik sudah masuk di KPU, baik itu bilik suara, tinta dan ada beberapa saat ini yang fokusnya kita awasi sebenarnya surat suara. Jadi dalam hal penanganan pelanggaran logistik ini ujung tombaknya adalah panwascam setelah pendistribusian menjelang tibanya ditempat pemilihan suara itu yang perlu kita kawal," paparnya.


Selain itu Nasrul juga mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memastikan bahwa pelaksanaan pengadaan dan pendistribusian logistik Pemilu 2024 dapat tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat kualitas dan efisiensi dalam pembiayaan. 


Adapun jenis perlengkapan yang akan di distribusikan ini tertuang pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 16 Tahun 2023 Tentang Perubahan PKPU No. 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum.



“Hal krusial dalam logistik ini adalah pendisribusiannya. Sulitnya akses menuju daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat dan air, menjadikan hal tersebut salah satu pembahasan kita hari ini, " Pungkasnya  {Md}.




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cegah Pelanggaran Pemilu di Tahapan Logistik, Bawaslu Mentawai Gelar Rakor

Terkini

iklan2

Iklan