Iklan

Ini Kata Manager PT. PLN ( Persero) ULP Tuapeijat Terkait Pemadaman Listrik di Wilayah Sipora

Rabu, 22 November 2023, November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-23T00:54:15Z

Manager ULP PLN Tuapeijat, Irwan Ardianto


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Pemadaman listrik yang terjadi di sebagian besar Pulau Sipora secara berturut-turut, sejak tanggal 15- 22 November 2023 di luar kendali PT. PLN ( Persero) ULP Tuapeijat. Hal ini dijelaskan langsung Manager PLN Tuapeijat, Irwan Ardianto.


Dijelaskannya, pemadaman listrik terjadi disebabkan adanya kerusakan mesin pada beberapa unit pembangkit  di PLTD Tuapeijat.


“ kami dari jajaran manajemen PLN menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan kami di Kepulauan Mentawai khususnya wilayah sipora atas dampak terjadinya pemadaman listrik secara bergilir. jadi kami belakangan ini melakukan pemadaman karna ada beberapa unit PLTD kita mengalami kerusakan dan terbakarnya kumparan stator maupun generatornya, kami di PLTD Tuapejat ini memiliki 8 unit pembangkit sehingga daya mampu kapasitas 2,8 Mw (megawatt) dengan beban maksimal untuk tuapejat ini 2,00-2,3 Mw itu di beban puncak, sementara diluar beban puncak ini kebutuhan dayanya 1,5-1,7 Mw. Pemadaman yang terjadi belakangan juga ada tiga mesin yang rusak baik di unit 4,unit 5, maupun unit 8, akhirnya kehilangan daya mampu sebesar 1,1 Mw sehingga tinggal 1,7 Mw dan terjadi defisit sebesar 500-600 Kw (kilowatt)”, Jelasnya saat ditemui diruang kerjanya di Kantor PT. PLN ( Persero) ULP Tuapeijat Km 2 Sipora Utara, Rabu (22/11).


Irwan menyebutkan pemadaman bergilir ini dilakukan pada siang dan malam hari dibagi beberapa titik sesuai dengan kebutuhan dan daya mampu mesin. Pihaknya juga mengatakan pengerjaan tahap awal pengiriman ke Padang seminggu yang lalu, untuk dilakukan perbaikan mesin kumparan generator  dan stator yang rusak.


“ untuk tahap awal kami sudah melakukan perbaikan generator dan kumparan stator yang rusak, sudah kami kirim satu minggu yang lalu kepadang pada tanggal 15 november kemarin, sekarang dalam proses pengerjaan perbaikan generator yang rusak. Insyallah, kalau tidak ada halangan untuk generator unit 8 bisa selesai dihari jumat,’’ ungkapnya.


Irwan menambahkan untuk perbaikan unit 3 dan 4 butuh dua minggu proses pengerjaannya. Kata dia untuk langkah prefektif awal guna mengurangi durasi padam yang cukup panjang, pihak  PT. PLN ( Persero) ULP Tuapeijat dapat bantuan dari unit induk wilayah Sumatera Barat dan UP3 Padang dengan mengirim 2 unit generator Mobile atau Genset Mobile dengan kapasitas masing-masing 450 KVA dan 550 KVA , namun secara beban dan kemampuan dua genset ini 735 Kw, maka  genset ini akan bisa beroperasi menutupi kekurangan dari defisit daya yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai Khususnya Pulau Sipora.


Kata Irwan, Genset Mobile sudah masuk di PLTD Tuapejat dan rencana akan dilakukan pengerjaan pemasangan paralel generator ini paling lambat sabtu 25 november 2023, dan berharap tidak ada kendala saat pengoperasian sehingga masalah defisit daya di Pulau Sipora bisa diatasi dan kembali normal.


Irwan juga menghimbau dan memohon pengertian kepada masyarakat khususnya diwilayah Sipora atas kekurangan dan ketidaknyamanannya dan akan berupaya semaksimal mungkin untuk melayani listrik di Mentawai agar Kabupaten Kepulauan Mentawai terus Terang sepanjang masa. {Md}.

 

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Kata Manager PT. PLN ( Persero) ULP Tuapeijat Terkait Pemadaman Listrik di Wilayah Sipora

Terkini

iklan2

Iklan