Iklan

Pemkab Mentawai Fokus Bangun Perumahan Rakyat Berbasis Ramah Bencana

Selasa, 11 Juli 2023, Juli 11, 2023 WIB Last Updated 2023-07-11T03:31:33Z

Pj Bupati Mentawai Fernando J Simanjuntak saat Membuka Acara Ekspos RIP


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman fokus melakukan pembangunan perumahan rakyat berbasis ramah bencana.


Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kepulauan Mentawai Zakirman usai menghadiri acara Ekspos penyampaian Rencana Induk Pembangunan (RIP) Perumahan di Tuapejat mengatakan fokus kegiatan ekspos RIP oleh LPPM UNAND Padang adalah terkait dengan pembangunan rumah komersil dan non komersil, dan lebih fokus pada pembangunan rumah yang rawan bencana.


Pj Bupati Mentawai Fernando J Simanjuntak berfoto bersama, usai membuka acara Ekspos RIP

‘’ Dengan adanya rencana induk pembangunan perumahan dan dengan adanya kajian di BNPB dimana lebih kurang 57.130 jiwa akan terpapar apabila terjadi tsunami di Mentawai,”kata Zakirman di Sekretariat Bupati di Tuapejat, Senin (10/07).


Menurut Zakirman dengan adanya rencana induk pembangunan perumahan tersebut, maka rumah rumah yang terbangun diberbagai Kawasan akan dilakukan relokasi atau dilakukan pergeseran dikawasan yang aman bencana, sehingga rencana pembangunan perumahan kedepan dengan adanya kajian RIP dapat menjadi lebih baik.


Zakirman menyebutkan dalam pembangunan perumahan rakyat, pihaknya telah melakukan pembangunan sesuai dengan kajian RIP, contohnya dikawasan desa Monganpoula yang sering terjadi banjir dipindahkan di desa kampung baru demikian juga untuk pemindahan lokasi Puran Siberut Utara dipindahkan di Kawasan kampung lama lebih kurang 600 M.


Sementara pada acara Ekspos penyampaian RIP, Yossyafra, S.T.,M.Eng.Sc.,Ph.D. Dosen Fakultas Teknik Universitas Andalas Padang pada paparannya menyebutkan tentang perencanaan pembangunan dan pengembangan perumahan perkotaan dan perdesaan di Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk perumahan komersil dan non komersil yang aman dari bencana alam, dan hal lain terkait rencana induk pembangunan perumahan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Acara yang diadakan secara Virtual melalui Zoom meeting itu di buka langsung oleh Pj Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak dan dihadiri Sekda Mentawai Martinus Dahlan, Kadis PUPR,  Plt Kadis Perwaskim Zakirman dan Jajarannya. {Md}.

 

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Fokus Bangun Perumahan Rakyat Berbasis Ramah Bencana

Terkini

iklan2

Iklan