Iklan

Secara Virtual, Pj Bupati Mentawai Ikuti Rakornas Wasin Tahun 2023

Kamis, 15 Juni 2023, Juni 15, 2023 WIB Last Updated 2023-06-15T04:06:04Z

Pj Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak saat mengikuti Rakor Wasin 2023 Secara Virtual


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT - Pj Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak didampingi Sekretaris Daerah Martinus Dahlan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas Wasin) secara Virtual Tahun 2023 dan dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo, rabu (14/06/).


Rakor bertema “Kawal Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi,” itu diikuti juga oleh seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati, Walikota, Kepala Perwakilan BPKP, dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Kementerian dan Pemda dari seluruh Indonesia.


Jokowi dalam sambutannya Anggaran ini harus direalisasi dengan cepat dan tepat sasaran, sehingga ekonomi bisa bangkit kembali.


“Saya ingin mengingatkan, efektifitas, akuntabilitas dan efisiensi dari belanja itu hal yang sangat penting,” kata Jokowi.


Jokowi dalam arahannya juga mengingatkan agar para pegawai Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menjalankan tugasnya secara baik. Ia pun meminta BPKP agar pengawasan itu orientasinya pada hasilnya. Apalagi saat ini, kata Jokowi, pemerintah sedang fokus melakukan peningkatan produktivitas menuju Indonesia Emas.


"Saat ini, pemerintah sedang fokus melakukan peningkatan produktivitas utamanya menuju Indonesia emas 2045, Bukan barang hal yang mudah, angka-angkanya sudah ada tapi tantangannya tidak gampang. Kita tahu situasi global, situasi ekonomi dunia juga tidak mendukung," ungkapnya.


Sementara Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh mengatakan, pihaknya kerap mendapati penolakan maupun penghalangan dalam upaya pengawalan, hal ini tentunya berdampak pada pencegahan permasalahan menjadi tidak optimal.


“Melakukan pengawasan untuk menyelesaikan mandat pembangunan pada RPJMN 2020-2024 dan pihaknya mendapati adanya program yang belum optimal diselesaikan,” Paparnya.


Lanjutnya, dalam program infrastruktur terdapat 58 proyek strategis yang belum dimulai. Hal ini disebut memiliki resiko keterlambatan proyek hingga tidak optimalnya manfaat pembangunan.’’{Md/pro}.









Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Secara Virtual, Pj Bupati Mentawai Ikuti Rakornas Wasin Tahun 2023

Terkini

iklan2

Iklan