Iklan

Dukung Upaya Konservasi Pesisir dan Laut di Mentawai, KKP Serahkan Bantuan KOMPAK Kepada Poseidon Diver Mentawai.

Senin, 03 April 2023, April 03, 2023 WIB Last Updated 2023-04-03T03:06:03Z


SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Propinsi Sumatera Barat, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) mengalirkan bantuan sarana dan prasarana konservasi kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Poseidon Diver Mentawai, dan dibuka secara resmi oleh Jenderal Pengelolaan Ruang laut , Kementerian Kelautan dan Perikanan irjen. Pol.Drs. Viktor Gustaaf Manoppo,MH melalui Daring dan di saksikan Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah Dulsumarno, Asisten Pemerintahan dan Kesra Nurdin. Di Ruang Rapat Kantor Bupati, Kamis (30/03/2023).


Viktor Gustaf Manopo melalui zoom mengatakan Bantuan Konservasi ini akan diberikan kepada kelompok masyarakat yang betul-betul menjadi penggerak di Wilayah untuk bagaimana mereka dapat mengembangkan dan menjaga Kawasan konservasi laut agar betul-betul dapat dipertahankan sesuai dengan kritik yang telah disampaikan oleh pembelaan. Menurutnya proses penagihan KOMPAK ini merupakan satu rangkaian yang tidak serta merta langsung diberikan tetapi ada proses-proses mulai dari verifikasi kemudian kesungguhan, faktor-faktor lain yang memang menjadi persyaratan siapa atau kelompok mana yang berhak mendapatkan bantuan-bantuan yang akan diberikan.


''Kelompok Poseidon Mentawai ini sudah dilakukan permintaan kemudian verifikasi, seleksi antar kelompok sehinggi kita memutuskan bahwa penerima bantuan tahun ini adalah kelompok Poseidon Diver Mentawai ini''.Ungkapnya.


Sementara Plt Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Provinsi Sumatera Barat Dr. Rahmat Irfansyah, M.Si. menyampaikan bahwa Mentawai salah satu wilayah kerja BPSPL Padang untuk mengalirkan bantuan konservasi tahun 2023. Bantuan konservasi ini disebut sebagai program KOMPAK dan penerima bantuannya adalah kelompok aktif dan bergerak memperjuangkan, mengelola dan memelihara Kawasan konservasi. Adapun bantuan yang diberikan berupa peralatan selang, kamera underwater, 2 unit Regulator, masker, out of Focus, Snorkeling, Fill Pool Food, dan peralatan sosialisasi pemantauan dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh kelompok untuk melakukan monitoring pendataan sekaligus pengelolaan Kawasan konservasi. 


''hari ini kami melakukan banyak terima bantuan pemerintah dari kerumitan dan keuangan melalui balai pengelolaan sumber daya pesisir laut padang di rektorat jenderal pengelolaan ruang laut. Bantuan yang kami serahkan adalah kepada kelompok penggerak konservasi untuk melakukan kegiatan pengelolaan, kegiatan kegiatan untuk menjaga konservasi laut khususnya di Mentawai.'' Terangnya.


Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Nurdin menyatakan menyambut baik dan merasa bangga atas penetapan Menteri tentang adanya Kawasan konservasi laut, kata dia ini merupakan kebanggaan Bersama, Hal ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang telah bersinergi, menjaga kelestarian alam, khususnya wilayah pesisir yang ada di Mentawai.


Turut hadir dalam acara serah terima direktur jenderal pengelolaan ruang laut, Kadis Kelautan dan perikanan Prov Sumbar, Sek Ditjen Pengelolaan laut, Direktur Konservasi dan Keanekaragamaan hayati laut, Kepala UPTD Konservasi dan pengawasan Sumber Daya Kelautan dan pesisir Prov Sumbar, Kelompok Poseidon Diver Mentawai dan OPD di Lingkup Kabupaten Kepulauan Mentawai.''{Md}

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dukung Upaya Konservasi Pesisir dan Laut di Mentawai, KKP Serahkan Bantuan KOMPAK Kepada Poseidon Diver Mentawai.

Terkini

iklan2

Iklan